Catatan Ringan di Akhir Tahun

Catatan Ringan di Akhir Tahun

Catatan ringan di akhir tahun – Pergantian tahun, baik masehi maupun hijriyah, sesungguhnya hal yang sudah biasa terjadi. Secara fisik, pergantian tahun hanyalah perubahan numerik angka tahun. Meskipun begitu pergantian tahun tetap menjadi sesuatu yang bermakna bagi setiap orang.

Mungkin momentum pergantian tahun akan menjadi sesuatu yang penting untuk merenung. Kemudian mengevaluasi peristiwa selama satu tahun berjalan. Merencanakan segala sesuatu di awal tahun baru sehingga tahun berikutnya lebih sukses dari sebelumnya. 

Tahun yang akan dihadapi harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Makna ‘lebih baik’ bagi seseorang dalam hal ini memang sulit untuk dinyatakan. Setiap orang akan memberi makna tersendiri sesuai dengan fakta yang dialami.

catatan, akhir tahun,tahun 2016

Dalam perspektif admin matrapendidikan.com, tahun 2016 memang agak lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Peningkatan telah terjadi pada tahun ini, baik dari segi kuantitas artikel postingan maupun pendapatan dari adsense.

Bagaimana dengan kualitas peningkatan secara kualitas? Amatlah sukar untuk mengungkapkannya. Kualitas perkembangan blog lebih mudah dianalisa oleh para pengunjung blog ini tentunya.

Kerja sama dengan penulis pemula menjadi catatan penting di akhir tahun 2016 ini. Sejumlah penulis pemula telah memberikan kontribusi artikel untuk mengisi blog bertema pendidikan ini.
Partisipasi penulis telah meningkatkan kuantitas artikel sehingga berbanding lurus dengan penghasilan sebagai adsense. Tentu saja hal ini tidak asing lagi sebagaimana yang sering dikemukakan oleh pakar adsense dalam negeri. Untuk meningkatkan penghasilan adsense perlu diperbanyak jumlah artikel postingan.

Kerja sama dengan penulis lain ternyata telah memperkuat konsistensi update artikel blog. Ini jugalah yang menjadi kunci perubahan ke arah yang lebih baik dalam perkembangan blog matra pendidikan.

Konon mesin pencari sangat menyukai blog yang selalu update. Begitu pula pengunjung blog, terlepas dari kualitas artikel, umumnya juga menyukai update terbaru sehingga mereka mendapatkan sesuatu yang baru ketika berkunjung ke blog tersebut.

Bisa saja terjadi, pengunjung ingin mengetahui update terbaru namun dinilai tidak berbobot. Kemudian menutup kembali halaman tersebut. Ini masih lumayan meskipun akan berpengaruh pada rasio pentalan (bounce rate).

Yang paling berkesan adalah penurunan trafik pengunjung pada waktu tertentu. Ini membikin hati menjadi gemes bukan main. Walaupun update artikel konsisten namun pengunjung tetap turun pada hari libur. Dampaknya pendapatan adsense juga menurun. Kalau begitu, semakin banyak hari libur semakin sering terjadi penurunan pengunjung blog?

Posting Komentar