Jenis Sumber Daya Alam dan Manfatannya

Jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya – Konon, Indonesia termasuk negara kaya dengan sumber daya alam (SDA). Negara dengan beribu-ribu pulau ini memiliki kekayaan alam berlimpah-ruah. Jika kekayaan alam tersebut dapat diolah secara efektif dan efisien, pasti masyarakat Indonesia akan hidup makmur lagi sejahtera.

Sumber daya alam adalah semua bahan-bahan kebutuhan manusia yang sudah tersedia di alam. Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, maka sumber daya alam tersebut harus diolah menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk mengolah sumber daya alam diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang diperoleh melalui pendidikan. Negara yang sudah maju pendidikannya lebih cenderung dapat mengolah sumber daya alamnya dengan baik guna mewujudkan kesehteraan serta kemakmuran masyarakatnya.

jenis,sumberdaya alam,manfaat

Apa saja jenis sumberdaya alam, terutama yang ada di Indonesia? Mari kita simak uraian artikel berikut ini.

#Jenis sumber daya alam

Sumber daya alam terbagi 2 jenis, yaitu :

1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui
Sumber daya alam yang dapat di perbarui adalah segala bahan-bahan alam yang bersifat tidak akan habis. Hewan, tumbuhan, udara, angin, cahaya dan sinar matahari merupakan contoh sumberdaya alam yang tidak akan ada habisnya.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat di perbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat di perbarui, sifatnya suatu saat akan habis jika di gunakan terus- menerus tanpa upaya pelestarian. Contohnya : batu bara, logam, dan minyak bumi.

#Pemanfaatan sumber daya alam

Sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan umat manusia. Air sebagai sumber daya alam yang tak pernah habis dapat dimanfaatkan untuk minum, mencuci dan membersihkan tubuh. Selain itu air dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

2. Hewan
Hewan di peroleh dengan cara beternak atau menangkapnya di alam bebas. Adapun manfaat hewan antara lain yaitu sebagai berikut :

- Sebagai sumber bahan  makanan, contohnya : kambing, sapi dan ayam.
- Sebagai bahan pakaian, misalnya domba di manfaatkan rambutnya untuk membuat kain wol. Contoh yang lain juga dapat di lihat pada kepompong ulat sutra yang di manfaatkan untuk membuat kain sutra.
- Sebagai bahan pengobatan, contohnya : pemanfaatan cacing untuk obat tifus.

3. Tumbuhan
Tumbuhan banyak di manfaatkan sebagai sumber makanan, obat- obatan, bahan pakaian , alat- alat rumah tangga, dan lain- lain. Berikut adalah contoh pemanfaatan tumbuhan, antara lain :

a. Jagung di manfaatkan bijinya sebagai bahan makanan.
b. Kapas sebagai bahan baku pembuat kain katun.
c. Lidah buaya sebagai tanaman hias dan bahan pembuat sampo.
d. Kelapa sawit sebagai bahan dasar pembuatan minyak goreng.
e. Tumbuhan karet di ambil getahnya sebagai bahan baku untuk membuat ban.

4. Cahaya dan panas matahari
Cahaya dan panas matahari di manfaatkan sebagai panel surya pada mobil tenaga surya.

5. Batuan
Batuan banyak di gunakan untuk membuat rumah dan membuat barang- barang seni seperti mata cincin dan manik- manik.

6. Logam
Logam di gunakan untuk peralatan rumah tangga, alat- alat elektronik, dan bahan bangunan.

7. Minyak Bumi
Minyak bumi di manfaatkan untuk pembuatan oli, solar, bensin, minyak tanah, plastik, dan lilin.
Baca juga : Mari Bersahabat dengan Alam
Itulah pembahasan tentang jenis dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) bagi kebutuhan dan kesejahteraan manusia. Semoga bermanfaat. Sekian dari saya, terima kasih. (*Penulis : Fauzia)

Share this :

0 Response to "Jenis Sumber Daya Alam dan Manfatannya"

Poskan Komentar