7 Manfaat Blog Bagi Seorang Blogger

7 Manfaat blog bagi seorang blogger – Weblog atau lebih populer dikenal dengan blog mendatangkan banyak manfaat bagi seseorang (blogger). Manfaat tersebut akan diperoleh dan dirasakan setelah melalui berbagai proses.  Dan, sudah pasti proses tersebut memerlukan waktu panjang.

Proses blogging dimulai dari membuat media blog itu sendiri. Misalnya, seseorang yang ingin membuat blog membuat akun google di gmail.com. kemudian membuat blog di blogspot atau wordpress. Kerja selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan artikel postingan.

Upaya selanjutnya adalah bagaimana membuat agar blog atau artikel yang diterbitkan terindeks oleh mesin pencari, semisal google, yahoo dan bing. Jika belum terindeks maka blog atau artikel itu belum ditemukan oleh orang lain.

manfaat blog,blogging,ngeblog

Barangkali, langkah ini akan memberi nilai tambah kepada blog dan memberi semangat ngeblog bagi blogger, yaitu memonetisasi blog sehingga mendatangkan uang sebagai pengganti uang pembeli kuota pulsa dan akomodasi selama blogging. Katakanlah sekadar membeli secangkir kopi.

Setelah melalui serangkaian proses tersebut seorang blogger akan memperoleh banyak manfaat. Apa saja manfaat blog bagi seorang blogger? Ikuti ulasan berikut ini.

1.Dapat menjadi 'mesin' uang

Kenapa dikatakan mesin uang? Dan mengapa diletakkan pada urutan teratas? Terlepas dari nilai besar kecilnya, ternyata blog dapat menjadi salah satu mesin uang. Blog yang dimonetisasi akan mendatangkan sejumlah uang sekalipun pemiliknya sedang sibuk di dunia nyata atau tidur mendengkur malam hari.

Blogging akan membutuhkan biaya dan waktu. Kelanjutan kegiatan blogging tergantung pada fasilitas dan prasarana. Jika ngeblog dikatakan sekadar hobi, diperkirakan aktivitas ngeblog tersebut tidak akan berkesinambungan. Sebab hobi tersebut sudah pasti membutuhkan sarana dan prasarana yang berujung pada finansial. 

2.Media berbagi informasi

Berbagi informasi dengan orang lain pasti mendatangkan manfaat bagi pemberi informasi. Blog menjadi media berbagi informasi yang cukup mudah. Kenapa tidak? Informasi yang ditulis, kemudian diterbitkan langsung tanpa melalui proses pengeditan oleh orang lain.

3.Menjalin silaturrahmi di dunia maya

Menjalin silaturrrahmi tidak hanya di dunia nyata. Melalui dunia online orang juga dapat berkomunikasi untuk menjamin silaturrahmi. Artikel postingan menjadi salah satu ajang komunikasi dengan pengunjung. Sementara dengan sesama blogger dilakukan dengan kegiatan blogwalking.

4.Mengasah keterampilan menulis

Seseorang yang memiliki bakat atau minat menulis dapat diasah keterampilannya melalui menulis dan menerbitkannya di blog. Blog dapat dikatakan media belajar dan melatih keterampilan menulis secara otodidak.

5.Belajar berbisnis online

Blog bermanfaat bagi seseorang sebagai ajang belajar bisnis secara online. Blog tidak hanya sebagai ajang berbagi informasi, lebih dari itu menjadi pelatihan gratis bagi seseorang untuk berbisnis. Misalnya bisnis online menjadi publisher adsense dan publisher mandiri.

6.Melatih kesabaran

Melalui blog dapat dilatih kesabaran seseorang. Misalnya melatih kesabaran untuk menulis sesuatu, melatih kesabaran bagaimana artikel terindeks oleh mesin pencari, serta kesabaran untuk menunggu hasil blog itu sendiri secara finansial. Membangun sebuah blog tidak serta merta dapatkan sesuatu dalam jangka pendek. Disinilah dilatih kesabaran blogger dalam membangun blognya.

7.Meningkatkan keimanan kepada sang Pencipta

Apa hubungannya? Tentu saja sangat erat hubungannya. Seorang blogger yang sudah bersusah payah berusaha (berikhtiar) membangun blog, akan menyerahkannya kepada sang Pencipta. Berdoa kepada Pencipta agar diberi berkah dan riski, kemudian tawakal menerima keputusan sang Pencipta terhadap riski yang bakal diterima dari usaha yang telah dilakukan. 
Baca juga : 6 Manfaat Ngeblog Bagi Siswa
Demikianlah 7 manfaat penting memiliki blog bagi blogger. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Manfaat Blog Bagi Seorang Blogger"

Posting Komentar