Mencicipi Enaknya Gulai Telur Tapak Liman Ala Siswa

Mencicipi enaknya gulai telur tapak liman ala siswa – Lomba masak antar kelas siswa di SMPN 4 Lintau Buo telah berlangsung beberapa waktu lalu. Lomba dalam rangka kegiatan classmeeting tersebut bertajuk melestarikan kuliner tradisional minangkabau, telah menghasilkan belasan masakan tradisional dengan bahan dasar telur, terung dan sayuran.

Salah satu hasil kreativitas siswa yang patut dibagikan pada pengunjung blog tercinta matrapendidikan.com adalah “gulai telur rasa tapak liman”. Sesuai namanya, masakan ini diolah dari bahan pokok telur dan daun tumbuhan tapak leman. Jika dicicipi dengan lidah, gulai telur tapak liman ini akan merangsang bagian-bagian lidah sehingga muncul tekstur halus telur dan tapak leman.

Masakan ini boleh dikatakan biaya murah karena terdiri dari bahan yang mudah ditemukan terutama di daerah pedesaan. Di warung-warung masakan Padang, gulai telur tapak liman ini sangat mudah ditemukan. Namun demikian, setiap kelurga dapat membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan keluarga.


Gulai telur tapak liman cocok dijadikan teman nasi  untuk sarapan, makan siang atau makan malam bersama keluarga tercinta. Apa saja bahan dan bumbu serta cara memasaknya? Ikuti terus uraian ini sampai tuntas.

A.Bahan dan bumbu

1.Telur ayam ras 10 butir
2.Daun tapak liman 15 helai
3.Kelapa tua 1 butir
4.Cabai merah 20 buah
5.Bawang merah 10 biji
6.Bawang putih 3 siung
7.Kunyit 1 ruas jari
8.Daun kunyit 2 helai
9.Laos 1 potong
10.Daun Sereh (serai) secukupnya
11.Jahe 1 ruas.
12.Garam secukupnya.

Bahan dan bumbu di atas disesuaikan dengan gulai yang dibutuhkan oleh anggota keluarga, atau disesuaikan dengan jumlah butir telur yang digunakan dalam membuat gulai.

B.Cara membuat

1.Rebus telur ayam kemudian dikupas cangkangnya dengan hati-hati agar tetap bagus.
2.Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah,laos, kunyit dan jahe di haluskan
3.Parut kelapa dan ambil santannya 7 sampai 8 gelas
4.Daun tapak liman, daun kunyit dan daun sereh diiris halus.
5.Masak santan dan bumbu yang digiling halus sampai kental.
5.Masukkan telur yang sudah direbus dan dikupas satu persatu serta daun tapak liman yang telah diiris.
6.Tunggu sampai mendidih dan gulai siap disajikan sebagai teman nasi.
Gulai telur tapak liman dapat dihidangkan sehingga menambah selera makan anda bersama keluarga. Semoga menjadi teman nasi alternatif keluarga guna menghemat biaya pengeluaran keluarga.

0 Response to "Mencicipi Enaknya Gulai Telur Tapak Liman Ala Siswa"

Posting Komentar