Besarnya Pengaruh Motivasi dari Komentator Pertandingan

Besarnya Pengaruh Motivasi dari Komentator Pertandingan

Besarnya pengaruh motivasi dari komentator pertandingan – Pertandingan futsal dalam kegiatan classmeeting SMPN 4 Lintau Buo telah berakhir beberapa hari lalu. Momentum semesteran tersebut menyisakan banyak cerita yang menarik. Salah satunya adalah peranan seorang komentator dalam memacu semangat pemain untuk bertanding.

Apa yang menarik untuk disoroti? Seperti kegiatan classmeeting sebelumnya, setiap kegiatan perlombaan atau pertandingan dikomentari oleh seorang komentator dengan menggunakan pengeras suara. Di lembaga sekolah, seperti SD atau SMP, biasanya komentatornya adalah guru atau tenaga kependidikan lainnya.

Seorang penonton siaran pertandingan olah raga semisal sepakbola, sudah biasa mendengar suara komentator pertandingan. Mata tertuju pada layar kaca mengikuti jalannya pertandingan sepakbola. Sementara itu juga terdengar suara komentator berapi-api memberikan komentarnya.

motivasi,komentator,pertandingan

Seakan-akan suara sang komentator didengar oleh para pemain yang sedang berlaga di lapangan hijau. Padahal, hanya pemirsa televisi yang bisa mendengar suara sang komentator. Meskipun pemirsa sudah melihat visual pertandingan namun tetap tersugesti oleh suara komentator ketika menyaksikan jalannya pertandingan.

Lebih unik lagi komentator pertandingan sepak bola di media radio. Kenapa tidak? Radio adalah media audio. Pendengar hanya bisa mendengar suara reporter tanpa menyaksikan pertandingan bersangkutan secara visual. Nah, kepiawaian reporter radio menyampaikan laporan pandangan mata,  seakan-akan membawa pendengar menyaksikan pertandingan sepakbola secara langsung.

Bagaimana dengan komentar pada pertandingan yang tidak disiarkan melalui media televisi atau radio? Komentar sang komentator berpengaruh langsung terhadap pemain yang sedang bertanding di lapangan. Para pemain termotivasi mendengar suara komentator, apalagi sang komentator hafal nama kedua tim yang bertanding.

Begitu pula halnya yang terjadi pada pertandingan futsal kegiatan classmeeting di SMPN 4 Lintau Buo beberapa waktu lalu. Tim komentator terdiri dari komentator senior Arlis Anwar, SPd,  serta Ropi’u, SPd dan Edy samsul. Komentator memberikan komentarnya di pinggir lapangan dengan bantuan pengeras suara sehingga didengar langsung oleh pemain maupun penonton, serta masyarakat di sekitar sekolah.
Ketiga komentator tampil secara bergiliran mengomentari jalannya pertandingan futsal sehingga menambah meriah jalannya perlombaan futsal tersebut.  Para pemain futsal menjadi tersugesti mendengar suara para komentator melalui pengeras suara.

Posting Komentar