Inilah 5 Camilan Unik Ala Anak Sekolahan

Inilah 5 Camilan Unik Ala Anak Sekolahan

banner
Inilah 5 camilan unik ala anak sekolahan – Setelah memuat berbagai kuliner kiriman pengunjung, tentunya dengan gaya khas anak sekolahan. Tercatatlah 5 macam camilan unik dan khas versi blog matra pendidikan.

Khas dan uniknya kuliner tergolong camilan atau makanan ringan tersebut, terutama sekali ditinjau dari asal bahan dasar penganan tersebut. Umumnya memanfaatkan bahan dasar alami dan mudah didapat apalagi bagi yang berdomisili di daerah pedesaan. Misalnya, ubi kayu, pisang dan tepung beras.

Nah, dalam kondisi harga bahan-bahan makanan yang serba naik seperti saat ini, sangat beralasan jika kelima kuliner camilan ala anak sekolahan itu diterbitkan khusus pada kesempatan ini. 

Selain itu, penerbitan ini bertujuan memotivasi para siswa untuk melirik bahan-bahan makanan di sekitar yang lebih murah dan alami sehingga dengan sedikit kreativitas pengolahan akan menjadi makanan ringan yang bernilai tambah.

Apa saja kuliner yang termasuk unik versi anak sekolahan tersebut? Mari kita bahas satu persatu:

1.Pisang Mises

Penganan ringan yang satu ini dibuat dari bahan dasar pisang timbatu yang sudah matang. Digoreng dan ditaburi dengan mises dan sedikit susu krim. Bahan-bahan dasar yang sangat sederhana menenpatkan kiriman Widya Iswara Putri Ini menjadi pilihan utama kelompok 5 kuliner unik ala anak sekolah. (Simak : Cara Membuat Pisang Misesala Anak Sekolahan)

pisang mises,camilan,makanan ringan

Nilai tambah pada camilan ini adalah memanfaatkan bahan makanan yang mudah didapat di daerah pedesaan. Pisang timbatu akan berharga murah jika dijual langsung namun setelah diolah akan bernilai jual lebih dan dapat menambah income keuangan keluarga.

2.Pisang Goreng

Goreng pisang juga camilan sederhana dengan cara pembuatan yang sangat mudah. Bahan dasarnya adalah pisang timbatu atau pisang raja. Sebenarnya tak berbeda dengan pisang mises, perbedaannya terletak pada bahan tambahan. 


cara,membuat,pisang goreng

Goreng pisang ditambah dengan gula pasir dan vanila sebagai pennyedap. Kuliner ini dikirim oleh Fauzia. (Baca juga : Cara Membuat Pisang Goreng Enak Lagi Gurih Ala Anak Sekolah)

3.Godok Pisang

tips,membuat,godok pisang

Masih menggunakan bahan utama pisang timbatu atau pisang raja. Godok pisang diolah menjadi adonan sebesar kepalan tangan anak kecil. Digoreng setelah menjadi adonan dengan menggunakan minyak goring. (Baca : Tips Membuat Godok Pisang Enak)

4.Lepat Ubi

Jika kuliner di atas dengan bahan utama pisang maka kuliner ini menggunakan ubi kayu. Ubi kayu juga tumbuhan yang mudah didapat di daerah pedesaan. Ubi kayu direbud terlebih dulu kemudian dibuat adonan dan dibungkus dengan daun pisang. 


cara,membuat,lepat ubi

Nilai rasa lebih dari lepat ubi karena daun pisang yang didiang dengan api. Pengan lepat ubi dikirim oleh Fauzia. (Simak : Cara Membuat Penganan Lepat Ubi)

5.Onde-onde

Bahan utama onde-onde ini adalah tepung beras ketan. Adonan tepung beras ini diberi warna hijau pandan dan diisi gula merah kemudian dibulatkan. Setelah itu direbus sehingga nbulatan-bulatan onde-onde menjadi terapung dan ditiriskan. 


cara,membuat,onde-onde

Terakhir diberi parutan kelapa sehingga siap dihidangkan buat anggota keluarga di rumah. Onde-onde gula merah ini dikirim oleh Salsabila Dwi Vindi. (Kunjungi : Cara Membuat Onde-onde Gula Merah PalingEnak)

Demikianlah 5 macam kuliner camilan unik alan anak sekolahan versi blog matra pendidikan. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi pengunjung untuk memberdayakan bahan makanan tradisional di tengah melonjaknya harga bahan makanan pokok.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.