Cara Membuat Godok Ubi Lumur Gula Pasir

Cara Membuat Godok Ubi Lumur Gula Pasir

Cara membuat godok ubi lumur gula pasir – Ubi kayu termasuk tumbuhan umbi yang dikembangbiakan dengan stek batang. Dengan perkembangbiakan secara vegetatif buatan, tanaman yang disebut juga ketela pohon ini sangat mudah dibiakkan.

Beberapa dekade silam, ketela pohon sempat dianggap sebagai bahan pengganjal perut orang di pedesaan. Namun di era  ilmu pengetahuan dan teknologi ini, justru orang semakin melirik keberadaan ubi kayu. Ada apa gerangan?

cara,membuat,godok ubi
Ternyata ubi kayu alias singkong mengandung unsur-unsur kimia yang dapat dijadikan bahan pengobatan dan untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh.  Contoh sederhana, singkong bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, mengobat penyakit bronkitis, diabetes dan lain sebagainya.

Terlepas dari manfaat di atas, umbi ketela pohon dapat diolah menjadi penganan makanan ringan (camilan). Misalnya lepat ubi, singkong goreng, godok ubi, dan lain sebagainya.
Daun ketela pohon yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai sayuran atau lalapan pencampur masakan lainnya. Misalnya bahan tambahan pembuat anyang, gado-gado dan lain sebagainya.
Nah, kesempatan ini kita akan melongok bagaimana cara membuat godok ubi sebagai salah satu makanan ringan tradisional.

Bahan-bahan

1.Ubi parut 0.5 kg
2.Tapioka/tepung kanji 1 sdm
3.Kelapa parut 5 sdm
4.Garam 1sdt
5.Minyak goreng secukupnya
6.Gula pasir/putih  secukupnya
7.Air secukupnya.

Cara membuat godok ubi

1.Parutan ubi,kelapa parut,tapioka dan sedikit garam diaduk sampai merata.
2.Bentuk adonan bulat atau sesuai selera.
3.Buat larutan gula dan air kemudian dipanaskan sampai sedikit airnya
4.Masukkan godok ubi yang sudah digoreng ke dalam larutan gula yang sudah mengental.
Demikianlah cara membuat godok ubi. Mudah-mudahan menjadi bahan inspirasi bagi pengunjung untuk memanfaatkan sumberdaya alam tumbuhan yang ada di sekitar kita. Yang pasti, murah dan meriah. Mari kita budayakan mengkonsumsi makanan ringan alami yang menjadi kearifan lokal daerah Indonesia.

Posting Komentar