Cara Membuat Penganan Lepat Ubi

Cara membuat penganan lepat ubi - Halo sobat, kali ini aku mau berbagi sesuatu tentang kuliner tradisional ala siswa, Lepat Ubi. Ya, lepat ubi adalah salah satu penganan khas tradisional Bumi Ranah Minang. Apa itu lepat ubi? Mungkin ini pertanyaan yang diajukan teman-teman yang belum mengenal penganan ini.

Sesuai namanya, lepat ubi merupakan penganan khas minangkabau yang bahan dasarnya ubi kayu atau singkong. Selain dari ubi kayu, apa saja bahan lain yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya? Untuk itu, mari kita simak uraian berikut.

lepat ubi,penganan,tradisional,kuliner
*Bahan Membuat Lepat Ubi
   - 1 kg ubi kayu
   - 1/2 butir kelapa yang sudah di parut.
   - Garam secukupnya.
   - Vanila secukupnya.
   - 1/4 kg gula aren.
   - Daun pisang yang sudah di diang atau dipanaskan, kemudian dibersihkan dan di bagi- bagi menjadi beberapa bagian untuk membungkus adonan lepat ubi.


* Cara Membuat Lepat Ubi:

1.Bersihkan ubi kayu kemudian diparut. Setelah di parut, ubi tersebut kemudian di peras dan airnya di diamkan selama beberapa menit. Kemudian sisa airnya di buang dan di ambil sagunya.
2.Campurkan ubi dengan kelapa yang sudah di parut dalam suatu wadah. Aduk hingga rata.
2.Kemudian masukkan garam dan vanila secukupnya.
3.Setelah itu, masukkan juga sagu dari perasan ubi yang sudah di diamkan tadi. Aduk pula hingga rata.
4.Setelah semua bahan di atas tercampur, langkah selanjutnya adalah membungkus adonan. Adonannya di kepal sedikit demi sedikit, lalu di tipis- tipiskan diatas daun pisang, kemudian di masukkan gula aren. Lalu dibungkus dengan daun pisang.
5.Setelah semua adonan di bungkus, kemudian di kukus di dalam dandang selama lebih kurang 15 menit.
6.Setelah matang, angkat dan tiriskan lepat ubi tersebut.
7.Nah, lepat ubi  pun sudah siap untuk di hidangkan.
Simak juga : Cara Membuat Pisang Mises Ala Anak Sekolahan
Nah, gimana teman- teman? Rasanya enak banget, loh. Cocok buat penganan saat belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah (PR) bersama teman-teman sekelompok belajar. Rugi kalau nggak coba. Setelah ini teman-teman pasti ingin mencoba membuatnya juga kan. Ok, sekian dulu dari Fauzia, selamat mencoba. (*Penulis :Fauzia)

0 Response to "Cara Membuat Penganan Lepat Ubi "

Posting Komentar