Cara Mudah Menentukan Kutub Magnet

Cara mudah menentukan kutub magnet –  Mengaliri besi lunak dengan kawat berarus listrik searah (DC) merupakan salah satu cara membuat magnet. Magnet yang dihasilkan bersifat sementara.

Kutub magnet besi lunak yang terbentuk tergantung pada arah arus listrik.  Arah arus listrik dalam hal ini adalah arah lilitan kawat pada batang besi lunak, searah atau berlawanan dengan arah jarum jam.

Akan tetapi jumlah lilitan kawat pada batang besi lunak tidak mempengaruhi pembentukan kutub magnet. Jumlah lilitan kawat berpengaruh pada kekuatan magnet yang dihasilkan pada batang besi lunak. Semakin banyak lilitan kawat semakin kuat magnet yang dihasilkan.
Menentukan jenis kutub magnet yang terbentuk pada kedua unjung besi lunak setelah dialiri arus listrik searah, agaknya cukup sukar. Oleh sebab itu diperlukan aturan tertentu untuk menentukan jenis kutub magnet. Aturan yang paling mudah adalah kaidah tangan kanan.

Bagaimana menggunakan kaidah tangan kanan?

Kaidah atau aturan tangan kanan biasanya digunanakan untuk menentukan arah medan magnet di sekitar kawat berarus ;listrik. Aturan ini sering juga disebut aturan genggaman tangan kanan karena cara yang dilakukan dengan menggenggam empat jari tangan dan ibu jari tegak lurus, persis ketika mengacungkan jempol kanan, seperti gambar berikut ini!

kaidah,aturan,tangan kanan

Menurut kaidah tangan kanan, jika arah ibu jari menyatakan arah arus listrik (i) maka arah lipatan jari-jari lainnya menyatakan arah medan magnet (B). Posisi gambar di atas dapat di lihat pada posisi horizontal (mendatar), seperti gambar berikut.


aturan, tangan kanan

Posisi lain yang berlawanan dengan gambar adalah posisi horizontal dengan ibu jari ke arah kanan. 


kaidah,tangan kanan

Kaidah tangan kanan tersebut dapat diterapkan untuk menentukan kutub magnet pada kedua ujung batang besi lunak, seperti gambar di bawah.
cara,menentukan,kutub magnet

Batang besi dililit kawat searah jarum jam (arah ke kanan), kemudian besi digenggam sehingga empat jari mengikuti arah garis panah. Ibu jari menunjuk arah ujung magnet dan ujung tersebut adalah kutub Utara magnet. Sedangkan ujung lainnya akan membentuk kutub Selatan. 

Selain dari cara tersebut, cara mudah diingat dalam menentukan jenis kutub magnet setelah dililit kawat berarus listrik adalah menandai arah arus listrik. Arus listrik dari kutub positif (+) dan menuju kutub negatif (-). 
Baca juga contoh soal : Cara Menentukan Kutub Magnet Bahan
Kemudian perlu diingat, jika kawat dililitkan pada sebatang besi mulai di bagian kiri, kawat di bagian depan, searah dengan arah jarum jam (ke kanan), maka pada bagian itu adalah kutub utara, begitu sebaliknya. Jika.kawat melewati belakang ujung magnet (berlawanan arah dengan jarum jam), maka pada kutub yang terbentuk adalah kutub selatan.  

0 Response to "Cara Mudah Menentukan Kutub Magnet"

Posting Komentar