5 Ciri Buku Catatan Pelajaran yang Baik

5 Ciri buku catatan pelajaran yang baik – Buku catatan pelajaran sangat penting artinya bagi setiap siswa. Pentingnya sebuah catatan pelajaran tidak hanya sewaktu menghadapi ujian. Lebih dari itu, sebuah buku catatan pelajaran memuat sejumlah pengetahuan penting bagi siswa.

Buku catatan yang baik akan menjadi panduan bagi siswa untuk belajar di sekolah maupun di rumah. Namun cukup banyak siswa yang kurang peduli dengan keberadaan buku catatan pelajaran. Ada yang kurang lengkap isinya karena berbagai sebab, tidak bagus dan kurang terawat, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini tidak salah kiranya dikemukakan ciri-ciri buku catatan pelajaran yang bagus. Paling tidak uraian ini menjadi inspirasi bagi siswa untuk selalu membenahi buku catatan pelajarannya.

ciri,buku,catatan,siswa

Bagaimana ciri catan pelajaran yang baik? Paling tidak ada 5 ciri buku catatan pelajaran siswa yang dikatakan baik.

1.Lengkap dan cukup

Catatan pelajaran yang baik harus lengkap, artinya memuat materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru mata pelajaran. Untuk mencukupi sebuah catatan pelajaran, siswa harus mengikuti setiap pelajaran dengan baik.

Tidak pernah absen atau bolos belajar agar tidak ketinggalan pelajaran. Setiap belajar tidak malas mencatat materi penting yang diberikan guru. Jika memang terpaksa berhalangan hadir di sekolah, maka usahakan untuk meminjam buku catatan teman agar tidak ketinggalan materi pelajaran.

2.Bersih dan rapi

Catatan pelajaran yang bersih lagi rapi akan membuat siswa betah, membuka maupun membacanya. Bersih dan rapi tidak mesti tulisan pada buku catatan bagus. Bagus tidaknya sebuah tulisan bersifat relatif.

Jangan sekali-sekali mencoret sampul atau isi buku catatan pelajaran. Misalnya mencari hasil perkalian atau tulisan lain yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran. Untuk keperluan ini ada baiknya siswa menyediakan buku khusus buram.

Buku catatan jangan dilipat atau di taruh di sembarang tempat. Sebaiknya buku catatan dimasukkan dalam tas jika sudah dipakai. Jangan lupa memberi sampul yang bagus agar betah siswa membacanya.

3.Inti sari pelajaran

Buku catatan pelajaran bukanlah salinan materi pelajaran pada buku teks pelajaran. Buku catatan merupakan ringkasan atau rangkuman materi pelajaran yang disalin ketika guru menerangkan pelajaran di kelas.

Buku catatan pelajaran tidak dicampuradukkan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain. Buku catatan pelajaran yang bagus bersifat spesifik. Tidak berisi jawaban tugas atau latihan maupun mata pelajaran lain. Jawaban tugas atau latihan sebaiknya dibuat pada buku lain.

4.Dipahami oleh siswa

Mudah dipahami? Bukankah siswa itu sendiri yang mencatat materi pelajaran? Ya, ada juga siswa yang tidak memahami materi pelajaran yang sudah dicatatnya. Artinya, siswa hanya sekadar mencatat materi pelajaran ke dalam buku catatan pelajarannya.

Keberadaan buku catatan sama dengan sebuah panduan atau pedoman untuk menghadapi persoalan belajar yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu, siswa perlu memahami apa yang telah dicatatnya pada buku pelajaran.

5.Mudah ditemukan

Mudah ditemukan artinya, jangan sampai siswa tidak mengetahui keberadaan buku catatannya sendiri. Mungkin karena lalai atau kebiasaan terhadap buku catatan, ditaruh di sembarang tempat. Akibatnya siswa merasa kehilangan, atau buku catatannya memang benar-benar hilang.

Mudah ditemukan juga diartikan materi yang dibutuhkan sewaktu-waktu mudah ditemukan meskipun buku tersebut tidak memiliki nomor halaman.
Itulah 5 poin penting ciri-ciri sebuah buku catatan pelajaran yang baik. Dengan terpenuhi kelima ciri tersebut, keberadaan buku catatan memang benar-benar memenuhi kebutuhan siswa dalam mengikuti suatu mata pelajaran di sekolah maupun di rumah.

0 Response to "5 Ciri Buku Catatan Pelajaran yang Baik"

Posting Komentar