6 Fakta Unik Awal Semester di Sekolah

6 Fakta unik awal semester di sekolah – Hari pertama sekolah pada awal semester, termasuk awal tahun pelajaran, selalu menyisakan keunikan-keunikan. Tidak hanya dari sisi siswa namun fakta unik awal semester juga terjadi pada guru.

Fakta unik di awal semester justru bermula karena guru maupun siswa telah mengakhiri masa liburan. Mau tidak mau suasana liburan terbawa-bawa pada hari pertama sekolah. Apa saja fakta unik yang sering terjadi di awal semester hari pertama sekolah?

1.Gerakan membersihkan sampah

Ketika hari pertama sekolah, halaman sekolah maupun di sekitar ruang kelas banyak sampah, terutama berasal dari tumbuhan atau taman perindangan sekolah. Sebelum memulai kegiatan belajar, terlebih dulu diadakan gerakan membersihkan sampah yang menyita sekian menit waktu.

fakta unik,awal semester,sekolah

2.Banyak pengumuman di sekolah

Pada hari pertama sekolah setiap awal semester selalu banyak informasi atau pengumuman yang disampaikan oleh guru. Jika awal semester jatuh pada hari senin maka upacara bendera akan berlangsung lama. Ini diakibatkan oleh banyaknya informasi yang disampaikan oleh pembina upacara.

3.Jadwal pelajaran sering mengalami perubahan

Jadwal pelajaran disusun oleh wakil kepala sekolah beberapa hari sebelum hari pertama sekolah. Artinya petugas menyusun daftar pelajaran itu pada waktu liburan berlangsung. Nah, setelah ditampilkan di ruang majelis guru maka jadwal itu akan berubah karena berbagai alasan, antara lain penyesuaian jadwal mengajar guru, ada jadwal mengajar yang berdempet, dan lain sebagainya. Akibatnya siswa juga harus menyalin daftar pelajaran berulang kali pada minggu itu.

4.Anggapan keliru hari pertama sekolah

Ini terjadi pada sebagian kecil siswa yang memang malas belajar. Siswa menganggap belum dimulai kegiatan belajar di hari pertama sekolah. Banyak siswa yang terlambat datang, tidak hadir di sekolah, bahkan belum kembali dari tempat liburan.

5.Masih sibuk menyiapkan perangkat mengajar

Jika siswa terlihat santai di hari pertama sekolah, tidak demikian halnya dengan sebagian guru. Justru guru masih sibuk menyiapkan perangkat mengajar. Apalagi ada kecenderungan di hari pertama sekolah, pengawas sekolah atau pengawas mata pelajaran berkunjung ke sekolah untuk meninjau kesiapan guru untuk mengajar. Akibatnya guru belum fokus untuk mengajar.

6.Terpengaruh oleh suasana libur

Meskipun masa libur akhir semester hanya selama seminggu, namun waktu itu terlalu singkat oleh sebagian siswa. Sampai di sekolah siswa masih membicarakan masalah liburan yang mereka laksanakan, bukan membicarakan pelajaran. Siswa belum bersemangat untuk memulai aktivitas belajar.
Demikianlah 6 fakta unik yang lumrah terjadi pada awal semester di sekolah. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.

0 Response to "6 Fakta Unik Awal Semester di Sekolah"

Posting Komentar