Fakta Unik Seputar Menguap

Fakta unik dibalik menguap - Hai teman- teman, jumpa lagi dengan Fauzia di blog Matra Pendidikan. Kali ini aku mau berbagi sedikit info untuk teman-teman semua seputar fakta unik menguap.

Menguap cenderung diidentifikasi sebagai tanda-tanda orang mengantuk atau mengalami kebosanan dalam beraktivitas. Nah teman-teman, perlu kita ketahui bahwa menguap tidak selalu sebagai tanda mengantuk. Pun tidak mesti pertanda sesorang mengalami kebosanan.

Peneliti di Univercity of Vietnam menyebut, menguap bisa terjadi karena otak sedang berada dalam kondisi bersuhu panas. Faktor paling signifikan dari menguap adalah suhu. Oleh sebab itu, seseorang akan lebih mungkin menguap saat berada dalam kondisi suhu yang lebih tinggi.

fakta unik,menguap,penyebab menguap

Ketika seseorang menguap, udara dan lingkungan akan masuk melalui saluran pernapasan. Temperatur udara yang lebih dingin akan diteruskan oleh aliran darah menuju otak yang kepanasan karena terlalu lama bekerja sehingga terjadi pertukaran panas. Karena itu bisa dikatakan menguap menjadi sebuah mekanisme untuk mendinginkan otak yang kepanasan.

Menguap merupakan reaksi spontan untuk menyalurkan oksigen ke dalam tubuh untuk mengimbangi kadar karbondioksida dalam darah. Ketika menguap terjadi perenggangan gendang telinga sampai saluran pernapasan.

Ternyata menguap dapat ditularkan pada orang lain. Menularnya aktivitas menguap terkait dengan sifat empati dan ikatan antar manusia secara alamiah. Orang yang memiliki empati yang rendah, cenderung memiliki kemungkinan kecil untuk tertular aktivitas menguap dari orang lain.

Menguap juga terjadi pada hewan. Menguap yang menular ini juga terjadi di banyak hewan yang hidup secara berkelompok seperti simpanse dan anjing.

Nah, teman-teman pernah nggak menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk menguap? Ternyata, cuma butuh waktu 6 detik. Beberapa stadium menunjukkan bahwa untuk menguap, seseorang membutuhkan waktu rata-rata sekitar 6 detik. Dalam 6 detik tersebut, denyut jantung meningkat secara signifikan.
Nah, sampai disini teman-teman sudah tahu ya tentang fakta unik di balik menguap. Semoga info di atas bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dari saya dan terima kasih. (*Penulis : Fauzia)

0 Response to "Fakta Unik Seputar Menguap"

Posting Komentar