Jiwa yang Kuat Ditandai Liver Sehat

Jiwa yang Kuat Ditandai Liver Sehat

Jiwa yang kuat ditandai liver sehat - Organ hati seringkali diabaikan oleh manusia, karena perannya yang tidak sepenuhnya terlihat oleh kita. Padahal, kerja dari hati atau liver kita ini sangat berat. 

Karena ketidaktahuan atau kurangnya wawasan mengenai organ liver yang satu ini, cukup banyak yang mengalami disfungsional gangguan liver dan penanganan yang terlambat, jalan satu-satunya adalah transplantasi hati.

Bukan untuk menakuti, hal ini agar kita lebih aware dengan organ yang satu ini. Jangan sampai liver kita bekerja terlalu keras karena pola hidup yang sembarangan. Sehat itu mahal, terlebih kesehatan organ-organ vital saat ini sungguh menguras banyak biaya. 

Berikut ini akan kami sampaikan informasi tips dan cara agar tetap sehat menjalani hidup, tentunya dengan fungsi hati atau liver yang sehat pula.

liver,hati,sehat,jiwa kuat


#Fungsi Kerja Organ Hati

Liver diciptakan tidak hanya memenuhi isi perut kita saja atau sebagai aksen semata. Banyak sekali peran hati dalam menjaga metabolism tubuh kita, bahkan di saat kita tak menyadarinya. 

Fungsi hati atau liver diantaranya yang paling penting adalah menyaring toksin atau residu yang tidak dibutuhkan tubuh, merubah zat-zat yang tidak diperlukan tubuh menjadi residu yang bisa diekskresikan, memetabolisme racun-racun yang berbahaya apabila masuk ke dalam peredaran darah manusia, meregulasi suhu dalam tubuh agar tetap stabil, serta banyak fungsi lainnya yang rumit. 

Masih meragukan kemampuan liver kita dalam keseimbangan tubuh kita? Ayo sayangi liver kita dan jaga dari sekarang, belum ada kata terlambat kok untuk memulai!
Baca : Fungsi Penting Liver yang Perlu Diketahui

#Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Liver

Menjaga kesehatan fungsi liver bisa dimulai dari hal sederhana dan tidak memakan biaya lebih daripada saat mengobatinya. Hal yang paling penting adalah kemauan dan kemantapan hati dalam melaksanakannya. Berikut uraiannya untuk Anda:

1. Kebiasaan minum minuman beralkohol

Memang setelah minum tubuh kita akan terasa hangat dan nyaman, serta pikiran dan hati tenang. Tapi apa kita memikirkan resikonya pada liver kita? Liver akan bekerja lebih keras dari semestinya untuk memetabolisme alcohol menjadi bentuk yang lebih sederhana. Lebih baik minum air putih yang banyak lho, selain sehat, dapat menggelontorkan segala zat negatif dalam tubuh kita.

2. Hal ini biasanya terjadi pada para pekerja di pabrik

Hati-hati pada gas atau zat kimia yang berbahaya, dan jangan terlalu lama terpapar, karena dapat mengganggu fungsi hati. Hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan masker, selalu hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta minum susu untuk menetralisir tubuh sesaat setelah terpapar zat berbahaya.

3. Mempertahankan imunitas atau daya tahan tubuh

Karena biasanya penyakit hati seperti hepatitis sifatnya menular dan bersifat turunan. Apabila kita punya daya tahan tubuh yang maksimal, dapat menangkal segala macam radikal bebas serta virus yang menyerang tubuh kita.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak juga tidak baik lho.

Boleh saja sesekali, tapi usahakan diimbangi dengan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang berserat. Segala sesuatu yang seimbang, akan dikembalikan oleh alam dengan seimbang.makanan berlemak bisa memicu penyakit datang, kolesterol jahat serta minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa mengganggu fungsi kerja hati serta kegemukan/ obesitas.
Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan organ tubuh sendirilantas siapa lagi? Mari kita sama-sama budayakan hidup sehat mulai dari sekarang. Selamat hidup sehat!

Posting Komentar