Meditasi untuk Kebugaran Tubuh Anggota Keluarga

Meditasi untuk Kebugaran Tubuh Anggota Keluarga

Meditasi untuk kebugaran tubuh anggota keluarga - Aneka ragam olahraga untuk menjaga kesehatan organ tubuh, seiring dengan perkembangan teknologi serta informasi terkini. Mulai dari jenis olahraga populer seperti sepak bola, futsal, bulutangkis, tenis, renang, dan lain-lain.

Serta olahraga yang benar-benar baru atau masih jarang dilakoni sebagian orang, seperti thai boxing, senam aerobic, dan zumba. Semuanya tergantung pilihan masing-masing dan tentunya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mendapat hasil memuaskan. Untuk menjaga kebugaran serta jiwa yang tenang dan damai anggota keluarga anda, bisa dicoba dengan meditasi.

Apa itu meditasi? Semacam bertapa di gua atau semacamnya? Jangan berspekulasi dulu, meditasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja lho! Mari kami ajak untuk lebih mengenal meditasi, salah satu tips dan cara agar tetap sehat tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

meditasi,kebugaran,tubuh

Apa dan Mengapa Meditasi?

Meditasi mempunyai definisi yang luas. Tapi berikut akan diperjelas berdasarkan makna dan tujuan untuk kesehatan juga kebugaran. Meditasi sendiri merupakan suatu sikap atau citra yang baik dan positif setelah dilakukan proses latihan yang rutin dan sabar.

Belajar meditasi butuh waktu yang lumayan, namun hasil dan manfaatnya sungguh luar biasa untuk kebugaran dan keseimbangan antara fisik juga jiwa dan pikiran. Selain itu dari belajar meditasi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat jiwa juga perasaan lebih tenang dalam menghadapi segala sesuatu, dengan kepala yang dingin bisa terselesaikan.

Kita bisa lebih menerima dengan keadaan kita saat ini tanpa perlu bersikeras menolak dan bertentangan dengan situasi yang terjadi. Intinya bersyukur setiap harinya lebih menyembuhkan fisik dan pikiran kita daripada segala macam terapi pengobatan medis.Sekali lagi, sikap positif yang muncul dari dalam diri kita memberikan pengaruh alam sekitar mengembalikan energi positif itu ke dalam jiwa kita.

Tips Meditasi di Rumah Sendiri

Apakah meditasi harus dilakukan di tempat khusus dengan pelatih khusus dengan waktu tertentu yang dikhususkan pula? Tentu tidak! Anda bisa mempelajari sendiri secara bertahap, dan hal ini bisa dilakukan di rumah kapan saja. Berikut kami rangkumkan penjelasannya untuk Anda:

a.Posisi duduk dan bernafas.
Hal ini penting dan merupakan dasar pondasi dari meditasi. Setidaknya kita harus menguasai hal ini dulu, barulah kita bisa mencapai konsentrasi yang terpusat. Duduklah dengan alas bantal empuk yang tipis, bersila tapi jangan tegang, tangan dan bahu rileks, tidak usah kaku.

Kemudian latihan pernapasan satu-satu. Jangan tergesa-gesa. Tarik napas dalam-dalam, mulai perut dikempiskan hingga sampai tulang rusuk, lalu dihembuskan perlahan mulai dari dada paling atas sampai perut. Bila kedua teknik ini bisa luwes dipraktekkan, Anda berhasil menguasai diri.

b.Selanjutnya pusatkan konsentrasi
Jangan pikirkan apapun, lupakan teknik-teknik tertulis cara bernapas dan duduk tersebut. Karena bila Anda sudah mempraktekkannya dengan benar pasti kemampuan itu akan muncul dengan sendirinya tanpa harus lewat pemikiran. Lepaskan segala sesuatu yang mengganjal benak Anda, anggap saja pikiran-pikiran itu berupa awan-awan lembut yang bergerak diatas kepala Anda, abaikan.

Anggap Anda adalah gunung yang berdiri tegak menjulang tinggi, tetap tegar walau keadaan apapun, dan awan-awan selembut kapas pemikiran Anda seolah-olah hanya hiasan saja di atas kepala Anda.
Baca juga : Cara Mudah Agar Siswa Tetap Bugar
Sudah bisa melakukannya? Pelan-pelan saja karena semua adalah proses. Sehat itu mahal apabila kita memberikan energi negatif pada sekitar kita, akibatnya alam mengembalikannya dalam bentuk negatif yang menyebabkan kita didera sakit. 

Posting Komentar