Manfaat Tidur dengan Miring Sebelah Kanan

Manfaat Tidur dengan Miring Sebelah Kanan

banner
Manfaat tidur dengan miring sebelah kanan - Tips dan cara agar tetap sehat bisa Anda lakukan dengan menjaga kualitas tidur. Tidur atau istirahat merupakan sebuah kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi. 

Setelah lama bekerja untuk beberapa jam setiap harinya, tidur bermanfaat untuk mengembalikan energi yang dibuang supaya di hari yang akan datang Anda akan merasa semangat lagi untuk kembali bekerja.

tidur miring,miring ke kanan,kesehatan
Faktanya bukan hanya postur tubuh ketika berdiri dan duduk saja yang diperhatikan agar kesehatan tetap terjaga, posisi dan kualitas tidur Anda juga tidak boleh luput dari perhatian.

Ketika Anda tidur dengan posisi miring ke kanan dan badan bagian sebelah kanan menjadi tumpuan maka mampu memberi efek untuk kesehatan Anda di masa depan. Apa saja yang harus Anda tahu tentang posisi tidur yang tepat untuk pengaruh kesehatan? Dalam artikel ini akan diulas satu-satu untuk Anda semua.

a. Jika Tubuh Bagian Kanan Aktif, maka Tidur Miring ke Kanan bermanfaat untuk kesehatan otak kiri

Ketika Anda sekolah dulu, tentu sudah pernah belajar mengenai anatomi tubuh manusia. Otak manusia mempunya dua bagian yaitu kanan dna kiri. Namun sumber penggerak saraf berasal dari otak kiri. Biasanya kebanyakan dari Anda menggunakan tubuh bagian untuk melakukan kegiatan misalnya untuk makan, minum dan lain sebagainya. 

Tidur menghadap kanan menjadikan otak kiri melakukan sarafnya untuk aktifitas tubuh bagian kanan hal tersebut berupaya untuk menghindarkan Anda dari sirkulasi menurun ketika istirahat. Sirkulasi yang melambat akan berakibat pada darah beku, lemak, pembuluh darah yang menyempit dan lain sebagainya. Ubah kebiasaan tidur Anda menjadi miring kanan, maka Anda akan terjauhkan dari penyakit stroke yang menghilangkan banyak nyawa.

b. Jantung Akan Bergerak Lambat dan Tidur Semakin Nyenyak

Posisi tidur miring ke kanan memberikan banyak keuntungan seperti membuat jantung tidak mempunyai banyak beban. Posisi itu menjadikan darah terdistribusi merata dan terkonsen ke bagian kanan atau bawah, hal itu menjadikan aliran darah yang masuk keluar dari jantung lebih rendag, sehingga menjadikan jantung melambat dan tensi darah menurun. 

Jantung juga akan normal karena tidak tertimpa organ lain disebabkan posisi jantung yang condong ke kiri. Jika sebaliknya Anda tidur menghadap ke kiri maka darah yang masuk ke atrium akan semakin banyak. Tidur dengan posisi tersebut akan menjadikan kesehatan Anda tetap terjaga.

c. Lambung dapat diistirahatkan

Lambung manusia terbentuk seperti tabung dengan ujung katup keluar menuju usus menghadap ke arah kanan bawah. Ketika Anda tidur menghadap kiri, maka akan melancarkan proses pengeluaran makanan yang sudah dicerna lambung, dengan cara itu maka proses pengosongan lambung akan mengalami gangguan. 

Dalam kurun waktu yang lama hambatan itu akan menumbuhkan akumulasi asam yang menjadikan erosi pada dinding lambung, sehingga sangat berbahaya untuk Anda yang terkena maag.

d. Melancarkan buang air besar

Apakah Anda mengalami kendala ketika buang air besar, ubah posisi tidur Anda dengan miring ke kanan. Susah buang air besar bisa terjadi karena Anda tidur dengan posisi telentang. 

Dengan tidur menghadap posisi ke kanan, maka proses pengisian usus besar sigmoid mampu menampung sisa sistem pencernaan yang tidak digunakan lagi oleh tubuh bahkan menjadi lebih cepat. Usus besar sigmoid dalam posisi penuh akan membantu merangsang gerakan usus besar yang diiringi rasa releks dari otot anus hingga tidak akan lagi merasakan susah buang air besar. 

Simak juga : Menjaga Kesehatan 6 Organ Tubuh
Poin-poin di atas diharapkan membantu Anda menjaga kesehatan dan solusi tepat untuk tips dan cara agar tetap sehat.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.