Tips Menjaga Paru-paru Anggota Keluarga Agar Sehat

Tips menjaga paru-paru anggota keluarga agar sehat - Di dunia serba modern dan maju ini kesehatan menjadi suatu hal yang langka. Sehat itu mahal harganya, begitu kata orang. Bagaimana tidak, pola hidup yang tidak sehat, semua serba instan, dan kurangnya kesadaran bahwa olahraga itu juga penting. 

Tidak dapat dipungkiri, gaya hidup saat ini seperti sering keluar malam, minum minuman beralkohol, kebiasaan merokok menjadi polemik kesehatan saat ini.
Baca : Gaya Hidup di Era Kemajuan Teknologi
Memang saat ini gejala penyakit tersebut tidak kentara, namun karena sifatnya yang kumulatif, apabila tidak diwaspadai akan terus tertimbun dan semakin parah. Nah, ada beberapa tips dan cara agar tetap sehat, tidak harus mahal kok. 

Dengan merubah pola hidup juga pola makan menjadi lebih teratur dan menyehatkan, pasti segala macam penyakit akan hilang dengan sendirinya.


tips,menjaga,paru-paru,sehat

#Paru-paru, Organ Sama Penting dengan Jantung

Sebagaimana Anda tahu, paru-paru merupakan organ yang sama pentingnya dengan jantung, otak, ginjal serta hati. Tentunya apabila tidak ada paru-paru, manusia tidak dapat bernafas, tidak terjadi pertukaran gas karbon dioksida dengan gas oksigen. 

Sering bepergian pada malam hari dan tanpa menggunakan jaket sama saja dengan memaparkan organ paru-paru yang sensitif terhadap angin malam yang dingin dan menusuk.

Apalagi embun atau kabut yang turun menjelang dini hari dapat mengganggu pernafasan. Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat gangguan fungsional paru-paru. Anatomi paru-paru yang bentuknya seperti kantong udara tipis terdiri dari banyak pembuluh darah kapiler yang kecil mudah terserang bakteri dan virus dan gampang terganggu kinerjanya.

#Langkah Mudah Menjaga Paru-paru

Penyakit apabila dibiarkan semakin parah, tentunya perawatan serta pengobatan akan semakin mahal harganya, serta beresiko terhadap organ lainnya. Seperti kata pepatah, ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’, berikut beberapa langkah mudah dan murah dalam menjaga kesehatan organ tubuh terutama yang kita bahas saat ini yaitu organ paru-paru, tentunya memiliki paru-paru yang sehat menjadi dambaan semua orang, kan?

- Mungkin hal ini jarang kita dengar, bahwa dari air bersih yang selama ini kita konsumsi bisa saja menimbulkan efek yang tidak baik bagi paru-paru. Untuk menanggulanginya, pancuran atau keran air di sekitar rumah Anda bisa dipasangi semacam penyaring agar zat-zat yang tidak diinginkan seperti klorin tidak dapat terhirup paru-paru.

- Cuaca yang panas seperti pada musim kemarau pasti yang didambakan adalah minuman segar, apalagi ditambahkan es batu, akan melegakan tenggorokan. Tapi ada baiknya mengurangi kebiasaan minum atau makan makanan terlalu dingin, agar paru-paru tidak terlalu shock akan perubahan suhu yang mendadak.

- Paru-paru yang sehat adalah dalam keadaan kering, apabila mengandung cairan di dalamnya sedikit saja, akan mengganggu kinerja paru-paru dan bisa fatal akibatnya. Ada baiknya kita menghindari makanan atau minuman yang bisa memicu cairan dalam paru-paru kita.

- Hidup yang sehat intinya tidak memikirkan hal-hal yang serius hingga membuat Anda kelelahan dan depresi. Faktor stress bisa menjadi pemicu gangguan organ seperti pada paru-paru. Refreshing seperti berpiknik bisa melepaskan penat dari tubuh Anda, tentu dengan cara yang sederhana dan tidak harus mahal, seperti berjalan-jalan di taman menghirup udara segar.
- Terkadang kita kurang memaksimalkan kinerja dari paru-paru kita dan bernafas dengan cara yang salah. Pernapasan yang benar dan sehat tentunya dari hidung, bukan dari mulut karena pada hidung terdapat rambut-rambut hidung fungsinya untuk menyaring udara dari luar.

0 Response to "Tips Menjaga Paru-paru Anggota Keluarga Agar Sehat"

Posting Komentar