Tujuan dan Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa

Tujuan dan manfaat belajar tambahan bagi siswa – Apa itu belajar tambahan? Mengapa perlu belajar tambahan? Apakah tidak cukup waktu belajar yang tersedia dalam kurikulum belajar di sekolah?

Itulah di antaranya pertanyaan penting dipahami berkaitan dengan belajar tambahan bagi siswa. Pada kesempatan ini akan dibahas hal tersebut sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti program belajar tambahan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Apa itu belajar tambahan?

Belajar tambahan adalah program belajar yang dilaksanakan di luar program intrakurikuler sekolah. Artinya, kegiatan belajar tambahan dilaksanakan setelah program belajar reguler di sekolah telah berakhir.

tujuan,manfaat,belajar tambahan

Belajar tambahan dapat dilakukan siswa di sekolah.  Pembimbing belajar berasal dari guru mata pelajaran di sekolah bersangkutan. Lazim disebut program belajar tambahan sore.

Program belajar tambahan sore memiliki skedul perencanaan tersendiri. Melibatkan orangtua/wali murid dan komite sekolah dalam hal pembiayaan operasionalnya. Program ini lazim diadakan sebelum siswa menghadapi ujian nasional (UN). Pesertanya terdiri dari siswa tingkat terakhir di suatu sekolah.
Selain itu, program belajar tambahan sore ini juga dapat dilaksanakan oleh siswa di tingkat kelas sebelumnya. Hal ini lazim diadakan saat siswa akan menghadapi ujian semester di sekolah.

Belajar tambahan juga dapat dijalani oleh siswa di luar sekolah. Siswa bisa mengikuti belajar tambahan di lembaga bimbingan belajar maupun les private. Namun belajar tambahan juga dapat ditempuh siswa secara pribadi melalui lest private.

Apa tujuan dan manfaat belajar tambahan?

Belajar tambahan dilakukan oleh siswa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap materi suatu mata pelajaran. Tujuan ini berkaitan dengan persiapan seorang siswa untuk menghadapi ujian di sekolah, baik ujian tengah semester, ujian akhir semester maupun ujian akhir nasional.

Dengan mengikuti belajar tambahan, di sekolah maupun di rumah, siswa akan mengalami ketuntasan belajar pada ujian yang diadakan di sekolah. Selain itu juga berorientasi pada kelulusan  ujian akhir nasional. Lebih dari itu, siswa diharapkan memperoleh nilai evaluasi murni (NEM) yang tinggi sehingga dapat diterima di sekolah unggul atau sekolah favorit.

Namun tujuan belajar tambahan tidak semata karena menghadapi berbagai ujian di sekolah. Hal ini dapat juga dilakukan siswa karena ingin lebih menguasai materi suatu mata pelajaran yang sangat diminati. Sebaliknya, siswa dapat mengikuti belajaran tambahan dengan tujuan mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran tertentu di sekolah.

Manfaat belajar tambahan bagi siswa antara lain:

1.Siswa lebih memahami materi pelajaran.
2.Siswa menjadi terampil dalam mengerjakan soal-soal ujian dengan berbagai variasi contoh soal.
3.Siswa mampu beradaptasi dengan berbagai bentuk dan corak soal yang akan diuji dalam ujian.
4.Siswa berpeluang besar untuk memperoleh nilai bagus pada berbagai bentuk ujian sekolah.
5.Siswa berpeluang besar untuk berhasil lulus pada UN.
Siswa yang mengikuti program belajar tambahan lebih berpeluang untuk mencapai tujuan dan memperoleh manfaat yang besar. Oleh sebab itu program belajar tambahan perlu diikuti dengan baik oleh siswa. Tidak sekadar ikut-ikutan program sekolah melainkan benar-benar mengikutinya dengan sepenuh hati.

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa"

Posting Komentar