6 Aktivitas yang Dapat Merangsang Kecerdasan Anak

6 Aktivitas yang Dapat Merangsang Kecerdasan Anak

6 Aktivitas yang dapat merangsang kecerdasan anak – Dapatkah kecerdasan anak dioptimalkan? Ini salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan orangtua ketika menghadapi masalah kecerdasan anak.

Pada umumnya orangtua sudah mengetahui kalau kecerdasan seorang anak menjadi faktor bawaan sejak lahir. Oleh sebab itu tindakan yang lazim dilakukan orangtua adalah memberikan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuh dan otak anak.

Para orangtua sebenarnya dapat juga merngoptimalkan kecerdasan intelektual anak selain dari mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Aktivitas sehari-hari juga berpotensi untuk mengoptimalkan kecerdasan sang anak.


aktivitas,merangsang kecerdasan,anak cerdas

Banyak jenis aktivitas sehari-hari yang dapat menstimulans pengembangan kecerdasan anak. Paling tidak 6 aktivitas berikut ini menjadi upaya alternatif bagi orangtua untuk mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki anak.

1.Membiasakan anak menulis

Aktivitas menulis berkaitan dengan kemampuan berbahasa dan membaca. Kebiasaan-kebiasan ini akan dapat merangsang kecerdasan anak terutama kecerdasan dalam berbahasa. Anak yang terbiasa menulis maupun mengarang lebih cenderung memiliki kemampuan berkomunikasi verbal lebih baik.

Menulis itu termasuk kegiatan yang memerlukan kebiasan untuk menyalurkan ide atau isi pikiran ke dalam bahasa tulis. Menulis menyampaikan gagasan secara tertulis sehingga berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara verbal.

Indikasi kemampuan berkomunikasi verbal yang baik terlihat dengan pengetahuan dan wawasan ketika anak berbicara maupun berkomunikasi sosial dengan orang di sekitar lingkungannya.
Baca : Tips Praktis Membiasakan Anak Menulis di Rumah

2.Mendengarkan dongeng

Disadari memang, kebiasan orang tua untuk mendongeng di depan anak sudah mulai terkikis oleh kemajuan teknologi. Kesibukan orangtua menghadapi aktivitas rutin, keterbatasan anak untuk bersama orangtua menjadi salah satu penyebab langkanya kebiasaan orangtua untuk mendongeng di depan anak.

Mendengarkan dongeng dari orangtua akan merangsang imajinasi dan kreativitas anak untuk mengolah informasi yang terdapat dalam dongeng. Selain itu, mendengar cerita dongeng dari orangtua telah mengembangkan nilai-nilai karakter baik pada diri anak.

Sekali-sekali orangtua perlu juga menyempatkan diri untuk mendongeng di depan anak untuk merangsang potensi kecerdasan anak.

3.Berhitung secara rutin

Aktivitas berhitung dan penerapan konsep matematika sederhana dapat meningkatkan kecerdasan anak untuk bernalar. Kemampuan bernalar digunakan dalam memecahkan persoalan serta menganalisa persoalan tersebut.

Banyak aktivitas harian untuk merangsang kecerdasan anak. Misalnya belajar berhitung di rumah secara rutin, melakukan aktivitas positif ketika anak berada di rumah; berkebun, memelihara hewan ternak, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan dan keindahan rumah, dan lain sebagainya. Semua aktivitas ini akan berkaitan dengan kegiatan menghitung dan dapat mengoptimalkan potensi kecerdasan anak.

4.Belajar komputer

Mengenalkan anak pada berbagai alat dan sarana di rumah termasuk cara untuk meningkatkan kecerdasan anak. Pada waktu tertentu, anak perlu diperkenalkan pada komputer, laptop, dan berbagai jenis gadget lainnya.

Mengenalkan anak pada peralatan ini bukanlah hal yang merugikan anak jika orangtua selalu membimbingnya. Belajar komputer, termasuk bermain game dibawah bimbingan orangtua justru akan mengoptimalkan potensi kecerdasan anak.
Baca : Manfaatkan Gadget Sebagai Fasilitas Belajar

5.Sering berinteraksi dengan orang lain

Interaksi seseorang dengan orang lain terwujud dalam bentuk diskusi. Saat diskusi terjadi saling bertanya atau menjawab pertanyaan. Bahkan debat positif dalam bentuk sederhana akan mengasah kecerdasan sosial anak.

6.Bermain yang menyenangkan

Bermain juga menjadi cara jitu dalam meningkatkan kecerdasan anak. Orangtua perlu membimbing saat anak memilih jenis permainan yang disenangi anak. Permainan anak yang dapat merangsang kecerdasan antara lain; petak umpet, lompat tali, monopoli, catur, ular tangga, halma, dan lain sebagainya.
Baca juga : Dua Langkah Penting Tingkatkan Kecerdasan Anak
Demikian 6 aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan untuk merangsang potensi kecerdasan anak .

Posting Komentar