Camilan Ubi Jalar Rebus Ini Bikin Lidah Anda Berdecak

Camilan ubi jalar rebus ini bikin lidah anda berdecak – Ubi jalar? Ya, kali ini kami membagikan sebuah artikel postingan tentang bahan makanan tradisional untuk pengunjung setia blog matra pendidikan ini. Kenapa dinamakan ubi jalar?

Tanaman ini tumbuh dan berkembang menjalar atau merambat di tanah. Yang dimanfaatkan adalah umbi yang berkembang dalam tanah.Di Indonesia, pada umumnya ubi jalar dijadikan bahan makanan camilan.

camilan,ubi jalar,ketela rambat

Foto di atas adalah ubi jalar ungu yang direbus dan siap dimakan. Foto ini dikirim oleh rekan kami Rahid Sikumbang. Beliau baru saja panen ubi jalar di kampung (Candung, Ampek Angkek, Kabupaten agam).

Wah, musim penghujan seperti ini cocok benar menyantap ubi jalar rebus karena perut sering lapar oleh cuaca dingin. 
Simak juga : Cara Membuat Penganan Lepat Ubi
Ketela rambat (Ipomoea altatas L) atau ubi jalar dikembangbiakan secara vegetatif buatan. Pembudidayaannya cukup mudah yaitu dengan menanam stolon atau batang rambat ubi jalar.

Bagian batang yang merambat dipotong dan ditanam pada tanah yang sudah digemburkan. Perawatannya cukup mudah, bersihkan gulma yang menjadi tumbuhan saingan dalam memperebutkan unsur hara dalam tanah.

Supaya hasilnya lebih baik, tanaman ubi jalan diberi pupuk urea atau pupuk kandang. Yang penting tanaman ubi jalar perlu mendapat cahaya matahari. Panen ubi jalar dilakukan hati-hati agar buahnya tidak terkena cangkul atau pacul. Gali tanah atau bagian di sekitar batang ubi jalar agar tidak terkena cangkul.
Ubi jalar dapat dijadikan bahan makanan ringan atau camilan dengan cara menggoreng atau merebus dengan ditambahkan sedikit garam. Mengkonsumsi ubi jalar dapat menambah pasokan energi tubuh karena banyak mengandung karbohidrat. Selain itu akan membuat lidah anda berdecak karena lezatnya.

0 Response to "Camilan Ubi Jalar Rebus Ini Bikin Lidah Anda Berdecak"

Posting Komentar