Empat Tahun Melanglang Buana Bersama Blog Matra Pendidikan

Empat Tahun Melanglang Buana Bersama Blog Matra Pendidikan

Empat Tahun melanglang buana bersama Blog matra pendidikan – Berkecimpung dalam dunia blogging bersama blog matra pendidikan sungguh menyenangkan. Kenapa tidak? Waktu begitu cepat berlalu. Tak terasa, blog matra pendidikan ini sudah eksis 4 tahun di dunia internet.

Banyak suka ketimbang duka yang dialami ketika ‘mengendarai’ blog personal bertema pendidikan ini. Memang, kendala yang ditemui dalam kegiatan ngeblog tidaklah sedikit. Namun itu belum berarti apa-apa karena sebelum membangun blog ini, semua kendala ataupun tantangan yang akan dihadang sudah diperkirakan lebih dulu.

universary,matra pendidikan,blog pendidikan

Setiap aktivitas akan berhadapan dengan tantangan, hambatan dan ancaman. Baik dari diri sendiri maupun dari pihak luar. Ya,  apa pun yang dikerjakan pasti punya resiko. Namun resiko dan kemungkinan yang akan terjadi telah diperkirakan karena manusia tidak bisa menentukan, apalagi menetapkan resiko yang bakal dihadapi pada masa datang.

Kesiapan mental dalam menghadapi segala kemungkinan ataupun resiko dalam aktivitas ngeblog, akan membuat kita bersikap sabar dan tekun serta tawakal. Optimisme dalam mengelola blog akan terus terdongkrak karena disadari bahwa, di balik kesulitan pasti ada kemudahan (inna maal’usri yusraa)

Banyak wahana untuk menyalurkan minat menulis, dan blog menjadi salah satu pilihan. Wahana ini memberi keleluasaan kepada pengelola untuk berpkir dan bertindak mandiri. Mulai dari membuat blog sampai mengoptimasinya secara berangsur-angsur.

Begitu pula dalam mengisi blog dengan artikel postingan. Mulai dari merancang dan menulis sampai menerbitkan artikel postingan. Dilakukan dengan leluasa tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Minat akan tumbuh dan berkembang dalam kondisi psikologis yang nyaman.

Penyaluran minat menulis melalui media blog sudah pasti menyita waktu. Tidak ada jalan lain selain bisa membagi waktu di dunia online dengan aktivitas rutin sehari-hari.

Blog yang sobat kunjungi ini dibuat empat tahun silam, tepatnya 18 februari 2013. Nama ketika didirikan adalah uda go! Blog dengan domain blogspot. Kemudian berganti nama menjadi matra pendidikan setelah menggunakan domain berbayar matrapendidikan.com.

Ternyata, dengan blog tema pendidikan ini dapat dijadikan mesin pencari uang setelah dimonetisasi melalui google adsense. Resmi menjadi publisher adsense bulan agustus 2014. Setahun kemudian sudah dapat menghasilkan recehan dolar. Kenapa dikatakan recehan?
Baca : Menuai Earnings Adsense Sedikit Demi Sedikit
Penghasilan adsense waktu itu bisa diterima sekali 6 bulan. Itu pun sekadar membeli paket data dan ganti membeli kopi serta kebutuhan ngeblog lainnya. Namun berkat kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi kendala dan hambatan, alhamdulillah earnings adsense beranjak naik dan rentang waktunya semakin pendek.
Baca juga : Optimisme Publisher Google Adsense Mendulang Dolar
Dalam usia 4 tahun, disadari memang, blog matra pendidikan masih perlu pengoptimalan lebih lanjut. Baik artikel postingan maupun aspek penghasilan adsense. Apalagi ditengah melorotnya nilai cpc iklan blog berbahasa Indonesia. Masih perlu upaya dan kerja keras untuk menuju hasil yang lebih memuaskan. 

Posting Komentar