Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan

Contoh soal gerak lurus berubah beraturan -  Konsep gerak pada mata pelajaran IPA sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun siswa, terutama jenjang SMP/MTs sering kecolongan dan terjebak saat mengerjakan soal ujian. Sswa terjebak pada option jawaban yang ternyata salah.

Konsep materi gerak perlu dipahami oleh siswa dengan hati-hati Selain itu, konsep gerak memerlukan penalaran dan logika untuk memahaminya. Begitu pula dalam hal penyelesaian soal-soal ujian. Konsep gerak memerlukan analisa sederhana terhadap gambar, grafik, ilustrasi dan data yang disajikan dalam soal ujian.

Seperti dikatahui, berdasarkan bentuk lintasannya, gerak terbagi tiga; yaitu gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola. Gerak lurus terbagi dua, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). 

GLBB terbagi dua yaitu, GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Materi lebih lengkap dapat dibaca pada buku pelajaran masing-masing siswa.

Berikut ini ditampilkan contoh soal berkaitan dengan GLBB level kognitif penalaran dan logika dengan indikator soal menganalisis data yang disajikan dalam tabel.

Soal :

Perhatikan data tersaji pada tabel berikut!

tabel gerak,gerak benda,glb,glbb

Yang termasuk GLBB dipercepat adalah…

A.Benda I

B.Benda II

C.Benda III

D.Benda IV

Pembahasan:

Jika diperhatikan data tersaji pada tabel, ternyata empat benda tersebut bergerak dengan kecepatan awal sama yaitu 12 m/s. Mari kita analisa satu persatu gerak keempat benda tersebut:

-Benda I mengalami perubahan kecepatan (percepatan) yang tidak beraturan karena pada waktu ketiga dan keempat mengalami perlambatan.

-Benda II mengalami perubahan kecepatan (percepatan) namun tidak berarturan

-Benda III mengalami perubahan kecepatan (percepatan) secara beraturan

-Benda IV mengalami perubahan kecepatan (percepatan) tetapi tidak beraturan pada wktu ketiga dan keempat..
Baca juga contoh soal ini: Konsep Gerak Suatu Benda dalam Fisika

Kunci jawaban :

C ( Benda III) 

0 Response to "Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan"

Posting Komentar