Jangan Anggap Enteng Benda Ini!

Jangan anggap enteng benda ini! – Bagi Anda yang berada di daerah yang mengalami kekurangan air bersih. Atau di daerah yang sedang mengalami musim kekeringan. Maka benda yang satu ini tidak akan pernah anda anggap enteng. Drum plastik bekas!


Kira-kira seperti itu makna tersirat dari foto kiriman Rahid Sikumbang di atas. Sebuah drum plastik bekas yang sudah lama disimpan di gudang. Bahkan tampilannya terlihat jorok karena sudah lama tidak difungsikan.  

Namun ketika musim kekeringan melanda, tatkala hujan turun sekali-sekali, drum plastik bekas tersebut berfungsi kembali. Drum plastik tersebut telah membantu dalam menampung air hujan yang turun beberapa waktu silam.
Baca : Ketika Sumur Galian Mengalami Kekeringan
Sebenarnya untuk apa saja difungsikan dan dimanfaatkan drum plastik bekas? Coba ikuti pembahasan berikut ini!

1.Penampung air sementara

Drum plastik bekas ini dapat dijadikan tempat penampungan air sementara. Sumur galian di rumah mengering sehingga anda terpaksa mencari air ke tempat lain. Maka benda yang satu ini menjadi pilihan untuk menampung sementara air di rumah.
Kunjungi juga : Antara Jerigen, Air dan Musim Kekeringan

2.Penampung curahan hujan secara langsung

Tidak hanya untuk menampung air ketika musim kekeringan  Ketika turun hujan hanya sekali-sekali, harapan masyarakat tertumpu pada curah hujan yang turun saat itu. Dengan penuh semangat warga akan menampung air hujan.

Salah satu cara paling tepat adalah menyediakan tempat penampung air hujan yang paling besar. Wadah penampung air adalah tong air. Tong air yang paling praktis terbuat dari bahan plastik atau fiber.

Warga lebih akrab menyebutnya dengan drum plastik. Drum bekas tersebut dicopot bagian penutupnya. Dengan cara itu dengan mudah menampung air hujan yang jatuh dari tuturan atap rumah secara langsung.

3.Wadah memelihara ikan

Drum plastik ini bisa juga digunakan sebagai wadah untuk memelihara ikan. Drum plastik ini ringan dan mudah dipotong serta tidak berkarat sebagaimana drum terbuat dari besi. Anda pasti tidak terlalu repot sekiranya memiliki waktu untuk memelihara ikan lele misalnya.
Memang benar, jangan anggap enteng barang-barang (bekas) yang menyerupai wadah atau tempat penampung air semisal drum plastik. Meskipun penggunaannya secara rutin namun pada saat tertentu kita akan ingat dan memanfaatkannya kembali.

0 Response to "Jangan Anggap Enteng Benda Ini!"

Posting Komentar