Mengapa Harus Rajin Menyapu Link Rusak pada Blog?

Mengapa harus rajin menyapu link rusak pada blog? – Agaknya pengelola blog perlu rajin mengecek link broken atau link yang rusak pada blog. Kemudian melakukan pembersihan terhadap link bermasalah tersebut.

Kalau perlu ‘penyapuan’ link rusak dilakukan secara rutin dan berkala. Ini analog dengan tugas siswa piket harian di sekolah. Petugas piket harus rajin membersihkan ruang kelas agar sampah tidak bertebaran.

menyapu,link rusak,brokenlink

#Mengapa harus rajin menyapu broken link pada blog?

Berdasarkan analisa, kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir timbulnya kekecewaan pengunjung. Pengunjung yang masuk melalui mesin pencari (search engine) tidak ingin membuang waktu.

Pengunjung juga tidak mau menghabiskan paket data dengan menemukan link yang sudah rusak. Setelah diklik, link artikel yang hendak dicari ternyata menuju pada halaman yang kosong.

Selain itu, tujuan menyapu link broken untuk menjaga kredibitas artikel di mesin pencari. Link rusak pada halaman artikel atau postingan blog akan menyebabkan menurunnya peringkat artikel dimaksud di mata mesin pencari. Begitu pula rasio pentalan (bounce rate) blog secara keseluruhan, akan membengkak

#Mengapa terjadi kerusakan link pada blog?

Berdasar pengamatan, paling tidak ada 2 penyebab terjadinya brokenlink pada blog, yaitu :

1.Pemasangan internal link yang tidak tepat
Jika kurang berhati-hati memasang internal link di suatu halaman akan menimbulkan link rusak. Jika diklik oleh pengunjung maka akan timbul page not found sebagai pertanda pemasangan link tidak tepat.

2.Adanya link komentar yang tidak berfungsi
Link komentar tidak berfungsi boleh jadi profil pengunjung blog sudah dinonaktifkan atau dihapus oleh adminnya. Banyak komentar di blog itu sangat bagus. Namun di sisi lain, semakin banyak pengunjung berkomentar di blog semakin besar peluang untuk terjadinya link broken dari profil pengunjung.

#Bagaimana cara mengecek link broken?
Untuk mengetahui keberadaan link pada blog diperlukan tool broken link. Misalnya, situs brokenlinkchecker. Caranya cukup mudah:
2.Masukkan url blog yang hendak diperiksa kondisi link.
3.Kemudian ketikkan chaptcha yang diminta

Tool ini memeriksa link maksimal 3000 link pada sebuah blog. Laporan link broken akan memberi pedoman apakah ada atau tidak link yang rusak pada blog. Jika ada laporan link rusak silahkan periksa kembali satu persatu dan perbaiki link bermasalah tersebut.

0 Response to "Mengapa Harus Rajin Menyapu Link Rusak pada Blog?"

Posting Komentar