Contoh Berita untuk Mading Sekolah

Contoh Berita untuk Mading Sekolah

Contoh berita untuk mading sekolah – Buletin komunikasi OSIS di sekolah dalam bentuk majalah dinding (mading) memuat berbagai rubrik. Pemilihan rubrik sebagai isi mading tergantung pada kondisi di sekolah.

Salah satu rubrik utama dalam mading sekolah adalah berita. Koordinator rubrik berita mading sekolah tidak harus mengacu pada pola dan cara penulisan berita pada surat kabar atau buletin.

contoh berita,mading sekolah

Rubrik berita mading sekolah paling tidak melatih para siswa untuk menulis berita dalam bentuk sederhana. Pola dan cara penulisan sederhana, isi berita pun disesuaikan dengan peristiwa atau momen yang terjadi di lingkungan sekolah.
Unsur berita untuk mading sekolah minimal memuat rumus 3 H + 1H (What, Who, When dan How). Berdasar pengalaman emperis dalam membimbing buletin komunikasi OSIS, penulisan berita dengan unsur tersebut cukup mudah bagi siswa.

Mari kita lihat contoh berita ringan untuk mading sekolah.

1. Difo Utusan SMPN 4 Lintau Buo untuk Lomba OSN

Akesi, (Maret 2017) – Difo Faizi Pratama, siswa kelas IX.A, menjadi utusan SMPN 4 Lintau Buo ke Lomba OSN Bidang Matematika Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2017. Demikian  informasi yang diperoleh kru Akesi dari Kepala SMPN 4 Lintau Buo beberapa waktu lalu.

Fauzi, SPd, kepala SMPN 4 Lintau Buo, ketika dijumpai kru Akesi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa Lomba OSN Tingkat Kabuapten Tanah Datar akan diadakan bulan depan di kota Batusangkar.

Difo berhak melaju ke Lomba OSN dan mewakili SMPN 4 Lintau Buo setelah berhasil menempati juara ke-3 pada Lomba Pra OSN Smantriscio 2 yang diadakan oleh SMAN 3 Batusangkar.

“Ini prestasi cukup membanggakan bagi sekolah kita karena Difo berhasil menempati posisi 3 terbaik setelah bersaing dengan banyak siswa, terutama siswa SMPN 5 Batusangkar. Sekolah ini adalah SMP Unggulan di kabuapten Tanah Datar,” ujar Fauzi, S.Pd kepada kru mading Akesi. (RH)

2. Admin Matrapendidikan.com, Ternyata Guru SMP Negeri 4 Lintau Buo

Akesi (Maret-2017 ) - Situs dengan domain matrapendidikan.com, ternyata milik salah seorang guru di SMP Negeri 4 Lintau Buo. Informasi ini diperoleh kru mading Akesi melalui jaringan internet sekolah.

Administrator situs bertajuk pendidikan tersebut bernama Uda Awak. Memang tidak ada guru SMP Negeri 4 Lintau Buo yang bernama Uda Awak. Namun menilik foto admin situs tersebut, diyakini bahwa itu adalah guru di sekolah ini.

Ketika dikonfirmasi ke salah seorang guru SMP Negeri 4 Lintau Buo, situs matrapendidikan.com memang dikelola oleh salah seorang guru di SMPN 4 Lintau Buo. Buk Marni, sahabat dekat admin matrapendidikan.com, mengungkapkan bahwa di dalam situs tersebut banyak artikel berisi tentang pendidikan di sekolah maupun di rumah tangga.(HR).

Posting Komentar