Contoh Soal Gangguan Mata Miopi

Contoh Soal Gangguan Mata Miopi

Contoh soal gangguan mata miopi – Gangguan penglihatan manusia terjadi karena lensa mata tidak dapat berakomodasi secara minimal maupun maksimal. Lensa mata tidak bisa menebal saat melihat benda yang dekat dan memipih saat melihat benda yang jauh.

Karena tidak dapat berakomodasi maka bayangan benda tidak tepat jatuh pada retina. Justru bayangan benda jatuh di depan maupun di belakang retina. Seseorang akan mengalami masalah penglihatan dimana kurang jelas melihat benda yang jauh maupun dekat.
miopi,gangguan lensa,lensa mata

Jika seseorang tidak dapat melihat benda-benda yang jauh dari mata dengan jelas, berati telah mengalami gangguan miopi. Lensa mata tidak dapat berakomodasi minimum sehingga bayangan benda jatuh di depan retina mata.
Gangguan mata miopi ditolong dengan kaca mata berlensa negatif (lensa cekung). Bagaimana perhitungan matematis kekuatan lensa kaca mata? Berikut diketengahkan sebuah soal tentang gangguan pada penderita miopi (rabun jauh).


soal,IPA,kekuatan lensa,miopi

#Contoh Soal:

Seorang siswa hanya dapat melihat benda dengan terang sampai pada jarak 500 Cm. Agar siswa dapat melihat benda dengan jelas pada jarak tersebut maka kekuatan lensa kaca mata yang digunakan adalah…

      A.   - 0.5 dioptri
      B.   - 0.4 dioptri
      C.   - 0.3 dioptri
      D.   - 0.2 dioptri

#Pembahasan soal

Diketahui:
Dibantu dengan kaca mata lensa negatif sehingga:
S’ = -500 Cm dan S = ∞ ( jauh tak hingga)

Ditanya:
P = …?

Jawab:
@Perlu dihitung jarak fokus lensa :
1/f = 1/s + 1/s’  ………..(1)
1/f = 1/ + 1/-500 cm …..(2)
1/f = 0 – 1/500 cm ……(3)
1/f = - 1/500 cm ……(4)
f = -500 cm/1 …..(5)
f= -500cm ….(6)
f = - 5 m 

@Kekuatan lensa :

P = 1/f (dalam meter)
P = 1/-5 m
P = - 0.2 Dioptri

Jadi, supaya siswa tersebut dapat melihat dengan terang benda yang lebih jauh dari 500 Cm perlu menggunakan kaca mata lensa negatif dengan kekuatan 0.2 dioptri.
Kunci Jawaban :
D ( 0.2 Dioptri)

Posting Komentar