Mengenal Sekilas Ikan Gabus Sang Predator

Mengenal sekilas ikan gabus sang predator – Barangkali anda tidak merasa asing lagi dengan ikan gabus. Begitu pula halnya dengan anak sekolah. Bahkan dalam buku bacaan, ada cerita tentang ikan gabus ketika musim kemarau.

Foto ikan gabus di bawah ini merupakan kiriman rekan kami Hary Delfingra, SPd.  Guru Penjaskes yang memiliki hobi memancing di sungai yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Ketika mendapat ikan gabus, beliau memotret  dan segera mengirim gambarnya ke redaksi matra pendidikan lewat akun facebook.

mengenal,ikan gabus,ikan predator

Ikan gabus (channa striata) memang tampak mengerikan. Memiliki kepala gepeng mirip kepala ular. Namun dmikian, ternyata daging ikan ini mengandung protein albumin.  Salah satu jenis protein yang diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Ikan gabus terlihat mirip peluru kendali. Biasanya ditemui di air tawar.  Misalnya pada danau, sungai, rawa dan saluran air di sawah. Sering disebut sebagai predator karena suka memangsa ikan-ikan kecil, serangga, kodok sampai berudu.

Namun jika sempat menyelinap ke dalam kolam ikan peliharaan, bisa jadi ikan gabus ini akan memangsa ikan peliharaan dan merugikan pemiliknya. Kapan ikan ini menyelinap ke dalam kolam ikan peliharaan?

Saat banjir melanda, ikan gabus akan mudah mengikuti arus dan terbawa banjir. Jangan heran jika ikan ini anda temui di sekitar parit-parit di sekitar rumah. Begitu pula saluran air di sawah. Seolah-olah musim banjir menjadi sarana untuk berpindah di satu tempat ke tempat lain untuk mencari mangsa. 
Baca juga : Anak Ini Memancing Ikan di Kolam Keruh
Sebaliknya, pada musim kering, ikan gabus dapat berkubur di dalam lumpur sampai datangnya air.Bahkan mampu bergerak di darat ketika berpindah mencari tempat yang berair. Itulah sekilas tentang ikan gabus.

1 Response to "Mengenal Sekilas Ikan Gabus Sang Predator"

  1. Wah ikan Gabus ini jarang saya dapatkan kalau mancing pas di musim Hujan. Soalnya susah banged. Hieehee. Kalau digoreng badannya pecah mengecil ya. Seingat saya sih jarang makan ikan Gabus hasil pancingan

    BalasHapus