Ketika Musim Panen Ubi Jalar Tiba

Ketika musim panen ubi jalar tiba – Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea altatas L) merupakan salah satu tanaman yang berkembang biak secara vegetatif buatan. Dikembangbiakan dengan stolon atau batang rambat.

Penanaman dan perawatan ubi jalar mudah dilakukan.Yang penting ditanam di tanah yang gembur, cukup mendapat cahaya matahari serta bersihkan dari tanaman gulma. Selain itu perlu diberi pupuk urea agar tumbuh subur dan berumbi banyak.


musim panen,ubi jalar
Foto : Suasana gembira anggota keluarga Rahid Sikumbang, saat memanen ubi jalar  Dari kiri ke kanan; Rahid Sikumbang, Srita Marlina, Benni Rikki dan Rahma. (Rahid Sikumbang)

Masa panen adalah masa yang ditunggu oleh petani atau pembudidaya ubi jalar. Pada masa panen akan terlihat hasil atau jerih payah mulai dari penanaman dan perawatannya. Masa panen ubi jalar itu biasanya setelah berumur minimal 4 bulan.


pemotongan,daun ubi jalar

Prosesi pemanen sungguh mengasyikkan lagi. Kenapa tidak? Pemanenan ubi jalar perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak umbi ubi jalar. Potong bagian pangkal batang ubi jalar menggunakan pisau atau sabit.

Cabut batang ubi jalar yang tersisa dengan pelan. Jika batang terputus dan buah ubi tidak ikut tercabut, gunakan alat untuk mencongkel dan menggali areal sekitar buah ubi


membersihkan,ubi jalar

Bersihkan ubi jalar dari sisa tanah. Boleh dengan mencuci kemudian disimpan di dalam karung. Jika tidak dipasarkan, ubi jalar disimpan di tempat yang kering. Jika segera dijual, ubi jalar perlu disortir.
Wah, asyik juga mengikuti prosesi pemanenan ubi jalar. Setelah dipanen, ubi jalar dapat dipasarkan sehingga bertanam ubi jalar menjadi masukan keuangan bagi anggota keluarga. Dapat pula dijadikan untuk pemenuhan kebutuhan bahan pangan anggota keluarga. 

0 Response to "Ketika Musim Panen Ubi Jalar Tiba"

Posting Komentar