Konsumsi Buah-buahan Ini Lancarkan Pencernaan Anggota Keluarga Anda

Konsumsi Buah-buahan Ini Lancarkan Pencernaan Anggota Keluarga Anda

Konsumsi buah-buahan ini lancarkan pencernaan anggota keluarga anda – Dalam tubuh manusia berlangsung berbagai proses metabolisme yang menunjang kehidupan. Katakanlah itu proses pernafasan, peredaran darah, pencernaan makanan dan lain sebagainya.

Proses pencernaan makanan bertujaun untuk mengolah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan diolah secara mekanik maupun kimiawi di dalam tubuh. Hasil pengolahan makanan oleh alat-alat pencernaan diserap oleh tubuh dan sisanya akan dikeluarkan dari tubuh.

Sistem pencernaan manusia cukup komplit. Sistem tersebut melibatkan alat-alat atau organ pencernaan dan proses pencernaan oleh masing-masing organ. Agar proses pencernaan berjalan lancar maka alat-alat pencernaan harus sehat. Indikasi kesehatan pencernaan ditandai dengan buang air besar (BAB) yang lancar dan teratur.

Ada kalanya proses pencernaan mengalami masalah sehingga kesulitan dan mengeluarkan sisa pencernaan. Ini menandakan saluran pencernaan kurang sehat. Pengeluaran BAB juga tidak teratur lancar.

Gangguan pencernaan dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak dalam keluarga. Gangguan pencernaan cenderung disebabkan oleh pola makanan yang kurang sehat dan tidak teratur sehingga mengganggu proses kerja enzim pencernaan.

Untuk mengatasi masalah yang disebabkan gangguan pencernaan, anggota keluarga perlu mengkonsumsi buah-buahan di samping sayuran dan jenis makanan lainnya. Buah yang dikonsumsi hendaknya yang banyak mengandung serat.
Ada 3 buah yang banyak mengandung serat untuk atasi gangguan pencernaan:

1.Pepaya

Pepaya banyak mengandung vitamin C dan A, serat dan kadar air tinggi sehingga dapat mencegah sembelit. Selain itu, serat pepaya memperlancar sirkulasi BAB. Hal ini karena dalam pepaya terdapat enzim papain yang menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh.

2.Pisang

Pisang termasuk buah pencuci mulut. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh.



3.Sirsak

Sirsak banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain karbohidrat, sirsak mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk memperlancar proses pencernaan. Konsumsi sirsak dapat membuat BAB lancar dan teratur.



Demikianlah 3 buah yang dapat memperlancar proses pencernaan sehingga sirkulasi pencernaan menjadi teratur dan lancar. Ketiga buah tersebut tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Mudah ditemukan di pasar atau kebun buah para petani

Posting Komentar