Cara Membaca Hasil Pengukuran Terhadap Massa Benda

Cara membaca hasil pengukuran terhadap massa benda – Massa merupakan salah satu besaran pokok dalam fisika. Besaran ini dinyatakan dengan satuan kilogram (kg) dalam SI. Alat ukur yang digunakan adalah neraca atau timbangan.

Tentang alat ukur neraca dipelajari di kelas VII SMP/MTs. Siswa yang duduk di kelas terakhir sering melupakan materi tersebut karena memang sangat sederhana sekali. Akan tetapi, materi pengukuran termasuk materi yang diujikan dalam ujian nasional (UN). Kadang-kadang siswa di kelas IX tidak lagi memperhatikan materi pengukuran tersebut.

Banyak macam neraca untuk pengukuran massa, tergantung pada ketelitiannya. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membaca hasil pengukuran massa dengan menggunakan neraca Ohaus 3 lengan. Neraca ini memiliki 3 lengan dengan ketelitian yang berbeda.

Soal :

Perhatikan gambar alat ukur neraca 3 lengan ini!

hasil pengukuran,massa benda,pengukuran

Massa benda berdasarkan hasil pengukuran pada neraca 3 lengan adalah…
    A.   100 gram
     B.   125 gram
     C.   130 gram
     D.   135 gram

Pembahasan:

Pada bagian yang dilingkari adalah hasil pengukuran ketiga lengan neraca. Lengan 1 = 100 gram, lengan 2 = 20 gram dan lengan 3 = 5 gram. Maka hasil pengukuran adalah 100 gram + 20 gram + 5 gram = 125 gram. Cukup mudah, bukan?

Kunci jawaban :

 B ( 125 gram )


0 Response to "Cara Membaca Hasil Pengukuran Terhadap Massa Benda"

Posting Komentar