Pemberdayaan Areal Sekolah Tingkatkan Kreativitas Guru

Pemberdayaan areal di sekolah tingkatkan kreativitas guru – Sekolah yang berada di daerah pedesaan umumnya memiliki areal cukup luas. Memiliki lahan kosong dan strategis di sekitar bangunan dan fasilitas sekolah. 

Tentu saja, kondisi lokasi sekolah seperti ini akan menjadi ‘ladang’ kreativitas bagi pengelola sekolah, terutama tenaga pendidik (guru) dan peserta didik. Masalahnya adalah sejauhmana kreativitas warga sekolah itu untuk memberdayakan lahan kosong dan strategis tersebut.


pemberdayaan, areal sekolah,rambutan

Foto : Ibuk Hj. Jismaini, SE (Kepala Tata Usaha) dan Ibuk Wirda Nengsih, S.Pd (guru IPA) menunjukkan panen buah rambutan hasil pemberdayaan lokasi sekolah kepada kru matrapendidikan.com, beberapa waktu lalu. (UA)

Matra kreativitas guru untuk memberdayakan potensi yang dimiliki sekolah juga sangat ditentukan oleh kebijakan pimpinan sekolah. Dukungan proaktif pimpinan akan menumbuhsuburkan segala potensi guru dalam memberdayakan potensi sekolah.

Yang perlu diperhatikan dalam pemberdayaan areal sekolah adalah penataan yang baik sehingga lokasi sekolah menjadi nyaman dan asri. Warga sekolah menjadi senang dan betah berada di lingkungan sekolah. 

Dengan demikian kualitas sekolah dapat ditingkatkan melalui penciptaan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan.

Selain itu, lahan kosong dan strategis juga dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang berfungsi perindangan sekolah, seperti rambutan dan mangga. Tanaman ini bernilai ekonomis bagi warga sekolah. Bagi siswa, terbuka peluang untuk menjadikan lingkungan sebagai laboratorium terbuka untuk melakukan kegiatan praktikum.
Pemberdayaan lahan kosong dan strategis di sekitar areal sekolah akan meningkatkan kreativitas guru. Selain itu, pembedayaan ini akan bernilai ekonomis dan memperindah lokasi sekolah..

0 Response to "Pemberdayaan Areal Sekolah Tingkatkan Kreativitas Guru"

Posting Komentar