Tak Satupun Metode Mengajar Paling Bagus (?)

Tak satupun metode mengajar paling bagus (?) – Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. Khususnya sebagai pendidik lembaga sekolah/madrasah, pernyataan seperti judul artikel ini tidak akan terasa asing lagi.

Tidak satu pun metode mengajar paling bagus dalam pembelajaran!. Ini bukan berarti tidak ada metode yang dapat dipakai oleh guru untuk mengajar.

guru,metode,mengajar

Seperti diketahui sudah banyak macam dan ragam metode pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru untuk mengajar. Mulai dari metode yang bersifat klasik dan konvensional sampai metode yang dianggap progresif.

#Pembelajaran di ruang kelas

Pembelajaran merupakan proses belajar dan mengajar yang berlangsung di ruang, tempat dan waktu yang sama. Ketika guru mengajar, saat itu pula siswa belajar.

Proses tersebut berifat dinamis, artinya dalam pembelajaran terjadi interaksi dimana terjadi hubungan komunikasi timbal balik antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar.

Siswa memiliki strategi dan teknik serta cara untuk belajar. Begitu pula dengan guru. Guru perlu menggunakan strategi, teknik dan metode dalam mengajar.

Dalam pembelajaran, strategi, teknik dan metode mengajar lebih dikedepankan. Hal ini cukup beralasan karena gurulah mengelola seluruh kegiatan pembelajaran.

Metode mengajar adalah teknik atau cara yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Banyak jenis metode yang sudah dicobakan guru dalam mengajar. Mulai dari metode konvensional seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab sampai metode yang handal merangsang kreativitas siswa dalam belajar..
Metode mengajar pilihan guru telah diperhitungkan terlebih dulu melalui berbagai pertimbangan. Misalnya, bagaimana karakter materi pelajaran yang akan disampaikan pada siswa, jumlah siswa dalam satu kelas, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran dan faktor lainnya.

Metode eksperimen dianggap paling bagus digunakan dalam pembelajaran. Namun pilihan itu menjadi tidak bagus jika disekolah tidak tersedia sarana pembelajaran untukmelaksanakan eksperimen.

#Metode yang sesuai

Justru metode ceramah akan efektif dipilih dan digunakan jika karakter materi pelajaran membutuhkan penjelasan berupa ceramah dan informasi. Jika demikian, dapat dikatakan bahwa tidak ada metode pembelajaran yang dianggap paling bagus kecuali metode yang sesuai dengan kondisi sekolah, karakter materi pelajaran dan karakter siswa.
Disinilah pentingnya guru memilih dan mempertimbangkan metode yang sesuai sebelum mengajar. Pemilihan dan pertimbangan metode tersebut tertuang dalam perangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh setiap guru.

0 Response to "Tak Satupun Metode Mengajar Paling Bagus (?)"

Posting Komentar