Acara Perpisahan di SMPN 4 Lintau Buo Sukses

Acara perpisahan di SMPN 4 Lintau Buo  Sukses – Perpisahan keluarga besar SMPN 4 Lintau Buo dengan siswa kelas IX, Kamis (27/4) berjalan lancar dan sukses. 

Perpisahan yang bertajuk Bapisah Bukannyo Bacarai tersebut sekaligus melepas  Syofinar, S.Pd yang mutasi ke salah satu SMP di Lubuk Alung Padang Pariaman. 

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan perpisahan, Taslim.R, S.Pd menyampaikan dalam laporannya, siswa SMP Negeri 4 Lintau Buo yang akan menamatkan pendidikan berjumlah 103 siswa.

suguhan carano,siriah pinang
Foto : doc.matrapendidikan.com

Sedangkan Syofinar, S.Pd, guru mata pelajaran IPS, mutasi ke sekolah lain setelah bertugas selama 11 tahun di SMP Negeri 4 Lintau Buo. Dengan mutasi ke sekolah berlokasi di Lubuk Alung, Syofinar, S.Pd menjadi lebih dekat jaraknya dengan kampung halaman di Kota Padang.

Sementara itu, kepala SMPN 4 Lintau Buo Fauzi, S.Pd dalam sambutannya berpesan kepada orangtua siswa agar tetap melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam kesempatan itu kepala sekolah melepaskan beberapa balon ke udara pertanda pihak sekolah telah menyerahkan kembali siswa kepada orangtua siswa setelah dididik selama 3 tahun.
Simak : Seberapa Pentingkah Acara Perpisahan Siswa di Sekolah?

kepala sekolah,pelepasan balon
Foto : doc.matrapendidikan.com

Makna pelepasan balon ke udara menyimbolkan pelepasan siswa dari SMPN 4 Lintau Buo agar siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan pendidikan tersebut siswa dapat menggapai cita-cita yang didamkannya.

Ibarat gayung bersambut kata berjawab, Dra. Irda Suryani, MM mewakili orangtua siswa, menerima penyerahan siswa dari pihak sekolah. Sebagai wakil orangtua siswa, Dra. Irda Suryani, MM mengucapkan terima kasih pada bapak dan ibu guru yang telah mendidik anak-anak mereka selama 3 tahun dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Ketua Komite SMP Negeri 4 Lintau Buo, Maisal menyampaikan sambutan dengan menekankan pembicaraan pada hakikat proses pendidikan yang sebenarnya. Pendidikan yang diinginkan adalah yang berorientasi pada pembentukan akhlak dan budi pekerti di samping peningkatan kecerdasan intelektual.

Penampilan seni dan budaya

Prosesi acara perpisahan keluarga besar SMPN 4 Lintau Buo dengan siswa kelas IX dan Syofinar, S.Pd dipandu oleh Edy Samsul. Acara perpisahan lebih banyak menampilkan kebolehan siswa di bidang seni dan budaya.

Petunjukkan siswa dalam bentuk tari  antara lain; Tari Pasambahan, Tari Piring dan Tari Payung. Selain itu juga ditampilkan atraksi Pencak Silat oleh siswa yang telah bergabung dengan perguruan Pencak Silat Taralak Nagari Taluak. Selain itu dipertunjukkan Fashion Show dari Dhea Ademauna dan kawan-kawan

Ternyata majelis guru tak mau kalah dengan pertunjukan siswa. Setelah acara penyerahan siswa kepada orangtua siswa, majelis guru SMPN 4 Lintau Buo berkenan menyanyikan lagu Minang Bapisah Bukannyo Bacarai. Kemudian dilanjutkan dengan lagu nostalgia yang berjudul Kemesraan.


lagu minang,bapisah bukan,bacarai
Foto :doc.matrapendidikan.com

Penyerahan piagam penghargaan

Dalam kesempatan itu, Jab Sri Arinda, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengumumkan siswa berprestasi di bidang tertentu seperti; Difo Faizi Pratama, Andini Meysi Ullanda, Syafriandi, Sultan Alfarizy, Fauzia, Dhea Ademauna dan Alfissa Indah putri. Mereka dinilai telah mengharumkan nama sekolah selama belajar di SMPN 4 Lintau Buo. 

Difo mendapat piagam penghargaan bidang akademik setelah berhasil menjadi runner up Lomba Bidang Studi Matematika di SMAN 3 Batusangkar. Selain itu Difo, salah seorang kontributor artikel untuk situs matrapendidikan.com ini, juga selalu mendapat juara umum di SMPN 4 Lintau Buo.

Kontributor Matra pendidikan lain yang mendapat piagam adalah Andini Meysi Ullanda yang memperoleh piagam sebagai siswa multi talenta. Sedangkan Dhea Ademauna pernah menjadi juara lomba Fashion Show yang diadakan oleh SMAN 2 Lintau Buo.

0 Response to "Acara Perpisahan di SMPN 4 Lintau Buo Sukses"

Posting Komentar