Cara Membuat Tumbang Ubi Gula Putih yang Lembut dan Manis

Cara membuat tumbang ubi gula putih yang lembut dan Manis – Tumbang adalah sejenis penganan atau makanan ringan dengan bahan pisang atau ubi (singkong). Bahan ini direbus, ditumbuk halus dan dicampur dengan gula serta kelapa yang diparut.

cara,membuat,tumbang ubi

Cita rasa yang dihasilakn tentunya lembut, manis dan nikmat. Tumbang pisang maupun tumbang ubi dapat dicampur dengan gula aren maupun gula putih atau gula pasir. Nah, tumbang yang akan disajikan pada pengunjung situs matrapendidikan.com ini adalah tumbang ubi gula putih.

Tumbang ubi gula putih seperti pada gambar di atas adalah hasil kreasi para rekan guru dan tenaga administrasi SMP Negeri 4 Lintau Buo. Kreasi tidak mengorbankan tugas sebagai pendidik maupun pelayan teknis administratif di sekolah.

Kebetulan momentumnya sangat tepat dimana pada saat itu diadakan gotong-royong menyambut ujian mid-semester. Beberapa orang kaum ibu punya ide untuk mengolah ubi kayu yang ditanam di areal sekolah.

#Bagaimana cara membuat tumbang ubi gula putih?

Singkong yang sudah dipanen dikuliti dan dibersihkan. Kemudian direbus dengan tambahan garam secukupnya. Rebus ubi kayu sampai empuk. Sementara menunggu ubi kayu lunak, siapkan juga parutan kelapa setengah tua.

Tiriskan ubi kayu kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian taburkan gula putih bersama parutan kelapa serta aduk sampai merata. Sampai disini, sebenarnya tumbang ubi sudah siap dihidangkan.

Agar lebih bagus kelihatannya, adonan tumbang ubi dibentuk melalui cetakan yang berbentuk bulatan atau variasi lainnya. Tumbang ubi akan terasa lebih lembut, manis dan nikmat terasa di lidah.
Demikianlah persembahan blog matra penjdidikan tentang tumbang ubi gula putih dan cara membuatnya. Tentu saja, anda juga dapat membuat penganan sederhana ini di rumah dan disajikan untuk keluarga tercinta. Semoga menjadi bahan inspirasi buat pengunjung.

0 Response to "Cara Membuat Tumbang Ubi Gula Putih yang Lembut dan Manis"

Posting Komentar