8 Cara Siswa untuk Memuliakan Guru

8 Cara Siswa untuk Memuliakan Guru

8 Cara siswa untuk memuliakan guru – Memuliakan guru menjadi kewajiban setiap siswa. Dengan memuliakan guru maka ilmu yang diberikan guru akan dapat diterima dan diamalkan oleh siswa. Artinya, ilmu yang didapat dari guru akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi siswa.

Ilmu bermanfaat bukan dalam bentuk nilai berupa angka yang tertera di buku rapor siswa. Nilai yang tertera pada buku rapor sesungguhnya hanyalah ukuran dari kemampuan siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan dalam aspek intelektual.
Baca : Agar Ilmu yang Diperoleh Bermanfaat

cara siswa,memuliakan guru
Bagaimana mungkin ilmu yang diberikan guru dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi siswa jika siswa tidak memuliakan guru? Boleh jadi, siswa akan memperoleh nilai akademis memuaskan dari proses belajar yang diikuti. Namun itu hanyalah angka-angka belaka tanpa makna.

Guru adalah orangtua siswa kedua setelah orangtua di rumah. Menghormati guru berarti menghormati orangtua siswa sendiri. Namun kadang-kadang kebiasaan tidak menghormati orangtua di rumah cenderung terbawa ke sekolah. Siswa sering menunjukkan sikap dan perilakunya di rumah sehingga di sekolah kurang menghargai guru.

Bagaimana menghargai dan menghormati guru? Tentu saja semua siswa sudah mengetahuinya. Hanya saja, apa yang sudah diketahuinya belum semuanya diterapkan oleh siswa. Atau belum semua siswa yang menerapkan bagaimana menghormati dan menghargai guru dalam kondisi disengaja atau tidak disengaja.

Berikut dirangkum bagaimana cara sederhana seorang siswa untuk menghargai dan memuliakan gurunya :

1.Mengucapkan salam atau menyalami guru saat berjumpa langsung dengan guru

2.Menghindari tindakan  maupun ucapan yang mungkin menyinggung perasaan guru ketika mengikuti pembelajaran atau di lingkungan sekolah

3.Berusaha mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, tidak mengganggu proses pembelajaran dan menaati aturan belajar.

4.Mengerjakan instruksi belajar dan menghindari perbuatan dan tindakan yang mengganggu proses belajar.

5.Mendengarkan dengan baik ketika guru memberi nasehat maupun menegur kesalahan yang dilakukan siswa.

6.Menyampaikan dengan baik pertanyaan, pendapat, saran dan usul maupun sesuatu yang kurang berkenan di hati siswa.

7.Mendoakan guru agar tetap sehat dan bersemangat mengajar di ruang kelas.

8.Tidak membicarakan kekurangan/kelemahan guru di tempat umum

Demikian 8 cara yang perlu dilakukan siswa untuk memuliakan guru. Mudah-mudahan yang sederhana tersebut dapat diterapkan oleh siswa.

Posting Komentar