Debar Menunggu Pengumuman SNMPTN

Debar menunggu pengumuman SNMPTN – Dalam hitungan jam, Paniatia SNMPTN bakal mengumumkan hasil proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017.

Siswa jenjang sekolah menengah atas yang telah berkesempatan mendaftar melalui jalur ini, tentu saja mengalami perasaan yang mendebarkan menunggu pengumuman tersebut.

Bukan hanya siswa, orangtua siswa pun tak kalah mendebarkannya. Menanti pengumuman ‘pertarungan nasib anak’ untuk masuk perguruan tinggi negeri tahun ini melalui jalur undangan ini.

pengumuman,seleksi snmptn
Ilustrasi :matrapendidikan.com

Tidak terkecuali dengan admin matrapendidikan.com, situs artikel pendidikan yang anda kunjungi ini.

Sebenarnya, ini kali ketiga admin alami dalam menunggu pengumuman hasil proses seleksi SNMPTN. Pertama kali terjadi sekitar 2013 lalu dan ternyata putra admin belum berkesempatan diterima di perguruan tinggi negeri.

Hal hasil ia masuk perguruan tinggi swasta karena tidak berhasil melalui jalur yang disediakan untuk perguruan tinggi negeri.

Baru tahun 2015, penungguan itu membuahkan hasil dan putri kedua admin tersebut berkesempatan mendaftar masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dan dinyatakan diterima. 
Simak : Hasil SNMPTN 2015 Telah Diumumkan
Ketika dinyatakan diterima, ia memilih tidak melanjutkan untuk mengikuti program bimbingan belajar sampai akhir dan bisa istirahat di rumah sampai pendaftaran ulang dilakukan.

Akankah penantian untuk yang ketiga ini akan terulang kembali seperti sebelumnya? Sekali lagi, memang sangat mendebarkan. Apalagi persaingan dalam merebut kesempatan untuk diterima melalui jalur SNMPTN tahun ini semakin berat.

Mendaftar masuk perguruan tinggi negeri melalui gerbang SNMPTN boleh dikatakan cukup berat. Jika siswa berasal dari sekolah menengah atas akreditasi A, jatah untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN 50 % dari siswa terbaik di sekolah itu.

Sekolah akreditasi B dan C lebih rendah porsentasenya dari itu. Sementara itu, jalur SNMPTN menerima calon mahasiswa hanya sekitar 30 % dan selebihnya melalui jalur SBMPTN dan mandiri.
Jika pihak sekolah menegah atas mengakomodir dengan baik pilihan siswa, baik jurusan maupun perguruan tinggi pilihan siswa, peluang untuk diterima melalui jalur SNMPTN tidaklah kecil.

Jika belum berhasil melalui jalur SNMPTN, masih ada jalur kedua yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Siswa akan berjibaku menghadapi ujian tulis yang diadakan pada jadwal yang sudah ditentukan.

0 Response to "Debar Menunggu Pengumuman SNMPTN"

Posting Komentar