Kunjungan Wisata Edukasi Siswa ke Museum PDIKM Padang Panjang

Kunjungan Wisata Edukasi Siswa ke Museum PDIKM Padang Panjang

Kunjungan wisata edukasi siswa ke museum PDIKM padang panjang – Sekitar seratus anggota rombongan SMPN 4 Lintau Buo melakukan studi wisata ke museum PDIKM (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau) di Silaing Bawah, Kodya Padang Panjang.

pemandu,memberi pencerahan
Foto : Narasumber memberikan pencerahan kepada siswa tentang sejarah dan kebudayaan Minangkabau di salah satu ruangan museum PDIKM Padang Panjang (Rahid Sikumbang)

Rahid Sikumbang, kru situs matra pendidikan yang ikut beserta rombongan studi wisata melaporkan bahwa rombongan yang dipimpin oleh Doni Afriansya, S.Pd terdiri dari siswa kelas VIII, para wali kelas dan guru pendamping.

Karya wisata edukasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS dinilai sangat sesuai dengan kondisi terkini. Namun demikian perlu persiapan matang sebelum pelaksanaan karya wisata ini.

Di lokasi PDIKM, siswa dan anggota rombongan lainnya mendapat pencerahan berupa informasi dan panduan dari narasumber yang bertugas di PDIKM. Siswa mendengarkan dengan serius dan mencatat informasi sejarah dan kebudayaan Minangkabau dari nara sumber.

Sebagai salah satu museum di daerah ini, PDIKM memiliki aneka informasi dan koleksi tentang sejarah dan budaya Minangkabau dalam bentuk audio dan visual. Yang cukup menarik adalah koleksi foto berbingkai yang dipajang di dinding.

siswa,mendengar,mencatat
Foto : Siswa sedang asyik mendengar dan mencatat materi yang diberikan oleh narasumber museum PDIKM Padang Panjang (Rahid Sikumbang)

Jumlah foto yang dipajang ada sekitar 500-an foto dan ada pulang yang disimpan dalam album sekitar 90-an album. Gedung utama museum PDIKM berbentuk Rumah Gadang yang diresmikan tahun 1990.
Baca juga : Mengunjungi Wisata Sejarah Puncak Pato
Kawasan PDIKM sangat indah untuk dipandang mata. Selain untuk belajar sejarah dan kebudayaan Minangkabau, kawasan museum PDIKM menjadi destinasi wisata edukasi buat siswa maupun turis dalam negeri dan mancanegara.

Posting Komentar