Cara dan Langkah Mengerjakan Soal Gangguan Hipermetropi

Cara dan langkah mengerjakan soal ganguan hipermetropi -  Soal ujian berkaitan dengan gangguan penglihatan, baik miopi maupun hipermetropi, tidak dapat dianggap mudah. Kalau pun soal itu mudah bagi guru namun belum tentu demikian bagi siswa.

Sering terjadi dimana guru menyalahkan siswa karena tidak dapat mengerjakan soal tertentu. Padahal soal tersebut dianggap mudah oleh guru dan dapat dikerjakan oleh siswanya. Akhirnya guru merasa kecewa serta menyalahkan siswa yang malas belajar di rumah atau tidak memperhatikan guru ketika menerangkan materi pelajaran.

cara,mengerjakan soal,hipermetropi
Foto: matrapendidikan.com

Seperti diketahui, soal ujian IPA Fisika memerlukan pemahaman yang baik. Pernyataan soal harus dipahami dengan baik oleh siswa begitu pula pertanyaan dalam soal tersebut.

Berikut ini disajikan sebuah soal IPA Fisika tentang gangguan penglihatan hipermetropi dan teknik menjelaskannya kepada siswa.

Pak Arlis kurang jelas melihat tulisan di surat kabar pada jarak 25 cm. Setelah menggeser posisi surat kabar dua kali lipat barulah dapat membaca tulisan di surat kabar tersebut. Agar dapat membaca surat kabar pada jarak baca normal, pak Arlis harus menggunakan kacamata dengan kekuatan lensa…

#Langkah pembahasan Soal dan jawaban

1.Langkah pertama dijelaskan pada siswa adalah maksud pernyataan dan permintaan soal. Pada soal, pak Arlis mengalami masalah kurang jelas melihat tulisan di koran pada jarak baca normal (25 cm). Tulisan di koran jelas dibaca apabila digeser ke belakang atau jarak 50 cm. (2 kali lipat jarak baca normal). Oleh sebab itu, pak Arlis perlu menggunakan kacamata lensa positif (cembung).

2.Titik dekat lensa mata pak Arlis adalah 50 cm.. Bagaimana agar pak Arlis dapat membaca koran pada jarak baca normal (25 cm)? Berapa kekuatan lensa kaca matanya? Inilah masalah pokok pada soal tersebut.

3.Kekuatan lensa (P) kaca mata dihitung menggunakan persamaan P = 1/f (dalam satuan meter). Persoalannya, fokus lensa (f) belum diketahui. Maka fokus lensa harus dicari dulu dengan persamaan 1/f = 1/S + 1/S’

4.Selanjutnya adalah melakukan langkah dan cara penyelesaian soal seperti berikut ini:

Diketahui:
-Jarak bayangan benda (S’) = - 50 cm
-Jarak benda (S) = 25 cm

Jawab :
1/f  =  1/s + 1/S’
1/f  = 1/25cm + 1/-50cm
1/f  =  2 - 1/50cm
1/f = 1/50cm
f = 50cm  atau f =0.5 m

P = 1/f  (dalam satuan meter)
P = 1/0.5 m
P = 2 dioptri

Jadi, agar pak Arlis dapat membaca tulisan di surat kabar pada jarak baca normal perlu memakai kacamata lensa cembung berkekuatan 2 dioptri.

0 Response to "Cara dan Langkah Mengerjakan Soal Gangguan Hipermetropi"

Posting Komentar