Seberapa Pentingkah Acara Perpisahan Siswa di Sekolah?

Seberapa pentingkah acara perpisahan siswa di sekolah? – Sudah menjadi tradisi bagi sekolah untuk mengadakan acara perpisahan setiap akhir tahun pelajaran. Di sekolah tertentu, acara serupa mungkin tidak diberi tajuk perpisahan melainkan penyerahan siswa kepada orangtua siswa. Namun makna acara tersebut sama.

Akhir-akhir ini acara perpisahan siswa di sekolah sering menimbulkan polemik. Hal ini dipicu oleh pendanaan untuk pembiayaan acara tersebut. Sebagian orangtua siswa merasa keberatan, bukan karena acaranya melainkan biaya penyelenggaraannya yang dibebankan pada orangtua siswa.

acara,perpisahan siswa,sma
Foto : matrapendidikan.com

Biaya acara perpisahan tidak hanya untuk orangtua siswa yang anaknya akan menamatkan sekolah. Orangtua yang anaknya duduk di kelas sebelumnya juga dikenakan biaya.

Pihak sekolah sering mendapat kecaman dalam penyelenggaraan acara perpisahan. Kecaman itu dikarenakan pihak sekolah dituduh memungut biaya yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah soal pungutan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya acara perpisahan di sekolah di kelola oleh orangtua siswa bekerja sama dengan siswa yang tergabung dalam OSIS di sekolah bersangkutan.
Bentuk kegiatan perpisahan dan masalah pendanaan dimusyawarahkan oleh orangtua siswa dengan OSIS. Pihak sekolah hanyalah sebagai penyedia tempat dan membantu terselenggaranya acara perpisahan tersebut.

Pentingkah acara perpisahan itu?

Lalu, seberapa pentingkah acara perpisahan bagi siswa kelas terakhir yang akan menamatkan sekolah? Tentu saja, sangat penting. Penting bagi orangtua siswa, bagi siswa yang akan menamatkan sekolah dan juga penting bagi pihak sekoalh.

1.Bagi orangtua siswa
Acara perpisahan menjadi momentum untuk mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah mendidik anaknya selama sekian tahun di sekolah tersebut. Acara perpisahan sesungguhnya adalah momentum bagi orangtua untuk menerima anaknya kembali setelah dididik sekian tahun oleh guru.

Ada pepatah sederhana yang sesuai dengan keadaan ini: “datang tampak muka, pergi tampak punggung.” Ketika memasuki sekolah, orangtua mengantar anaknya secara resmi kepada pihak sekolah. Setelah menyelesaikan pendidikan, orangtua menjemputnya kembali. Acara perpisahan adalah momentum yang tepat untuk menjemput anaknya kembali ke pihak sekoalh.

2.Bagi pihak sekolah
Acara perpisahan menjadi waktu tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orangtuanya. Pesan moral dan motivasi pihak sekolah sangat penting artinya bagi siswa dan orangtua siswa. Ini berkaitan dengan kemauan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

3.Bagi siswa
Sementara itu bagi siswa sendiri, acara perpisahan menjadi momentum tepat untuk mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik mereka selama sekian tahun.

Tidak hanya ucapan terima kasih, permintaan maaf atas kesalahan yang dilakukan siswa terhadap guru amatlah penting. Tujuannya adalah agar ilmu yang diberikan guru menjadi ilmu yang bermanfaat bagi siswa.
Berdasarkan uraian di atas,  acara perpisahan di sekolah sangat penting artinya bagi semua pihak. Namun perlu digarisbawahi, acara perpisahan siswa di sekolah akan lebih bermakna dengan musyawarah dan kerja sama yang baik, bukan karena besarnya biaya yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan acara tersebut.

0 Response to "Seberapa Pentingkah Acara Perpisahan Siswa di Sekolah?"

Posting Komentar