3 Tips Agar Anak Terampil Membagi Waktu

3 Tips Agar Anak Terampil Membagi Waktu

3 Tips agar anak terampil membagi waktu – Membagi waktu dengan baik ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Sebagian siswa sering kecolongan waktu akibat lalai dalam membagi dan menggunakan waktu.

Kegiatan-kegiatan penting selaku siswa sering terabaikan. Bahkan mereka lebih banyak bermain. Seakan tidak punya waktu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Beban belajar siswa yang semakin berat benar-benar telah menciptakan kesibukan belajar  yang luar biasa. Namun semua itu harus dijalani dengan baik agar memperoleh hasil belajar yang optimal. 

Atau sebaliknya, tidak sanggup menjalani kegiatan belajar dan terancam drop-out.


tips,membagi,waktu

Untuk menghadapi kesibukan belajar yang luar biasa, mengharuskan siswa untuk terampil membagi waktu dengan baik. Berikut ini disajikan tips agar siswa terampil dalam membagi waktu:

1.Memperhitungkan waktu

Waktu yang tersedia siang dan malam hanyalah 24 jam. Sebagai siswa, waktu yang ada itu lebih banyak dimanfaatkan untuk belajar dan istirahat. Itu artinya, kegiatan belajar lebih penting bagi siswa. Belajar bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, memperbaiki sikap dan tingkah laku serta melatih keterampilan tertentu.

Semua itu bisa didapatkan di rumah, di sekolah dan di lingkungan sehari-hari. Waktu belajar di sekolah lebih kurang 7 jam dan di rumah sekitar 1 sampai 2 jam. Namun istirahat juga tak kalah pentingnya. Waktu untuk istirahat pada malam hari berkisar antara 7 sampai 8 jam.

 Istirahat disini adalah waktu yang digunakan untuk tidur  guna memulihkan kondisi tubuh yang telah terkuras oleh kegiatan siang hari. Siswa yang tidak mempertimbangkan waktu istirahat justru akan menimbulkan gangguan kesehatan. Hal ini berujung pada hambatan untuk meraih prestasi belajar.

2.Menyusun agenda kegiatan

Siswa yang terampil  membagi waktu menjadi salah satu cara untuk menjadi siswa berprestasi disekolah. Agar terampil membagi waktu, siswa harus menyusun skedul kegiatan harian atau yang lebih dikenal dengan agenda kegiatan harian. 

Misalnya, bangun pagi pukul 05.00 WIB. Setelah bangun, lakukan shalat subuh (bagi yang beragama islam), mengulang mata pelajaran, mempersipkan perangkat belajar, mandi dan berpakaian, sarapan pagi, dan seterusnya.

3.Disiplin terhadap aturan

Agenda kegiatan merupakan perangkat aturan dan tata tertib dalam kehidupan siswa setipa hari. Patuhi semua aturan yang sudah dibuat sendiri. Jangan sekali-sekali melanggarnya, kecuali kalau terlupa. Ingat, peraturan yang dibuat sendiri atau pihak lain justru untuk kebaikan diri sendiri, bukan orang lain.

Demikian tips agar siswa terampil membagi waktu semoga bermanfaat.

Posting Komentar