Cara Membuat Gulai Pakis Nan Enak

Cara membuat gulai pakis – Di wilayah Minangkabau,  terutama daerah Pariaman dan sekitarnya, tumbuhan pakis sudah tidak asing lagi. Tanaman pakis atau paku sudah dikenal sejak zaman dulu.

Sebagian orang menyebutnya dengan “paku”. Mungkin karena tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan paku-pakuan. Pakis termasuk tumbuhan paku-pakuan yang tumbuh di tanah jenis gambut.

Foto : gulai pakis dalam belanga (doc.matrapendidikan.com)

Di daerah Pariaman, tumbuhan paku banyak dijumpai di kebun kelapa. Karena terlindung dari cahaya matahari langsung, tumbuhan paku dapat tumbuh dengan baik. Tumbuhan paku yang digunakan adalah pakis yang ujungnya bergulung berbatang agak tebal dan berdaun kecil-kecil.

Lazimnya bahan dari tumbuhan pakis (paku) dapat ditumis atau dibuat gulai dengan campuran bahan lain. Gulai pakis dapat dicampur dengan udang, biji petai atau buah rimbang. Dengan campuran salah satu atau ketiga bahan tambahan ini akan menghasilkan cita rasa enak.

Gulai pakis atau gulai paku dapat dijadikan teman makan nasi. Namun lazim juga untuk gulai ketupat atau lontong. Di daerah Pariaman terkenal dengan ketupat gulai pakunya.

Untuk membuat gulai pakis diambil pakis yang masih muda. Paling bagus kalau paku yang masih mudah itu dijemur sebelum dibuat gulai.

#Bahan dan bumbu

Apa saja bahan-bahan untuk membuat gulai pakis? Bahan dasar adalah pakis yang masih muda. Kemudian  santan kelapa yang dipisahkan antara santan encer dan santan kental.

Selain bahan tersebut, juga dilengkapi dengan bahan seperti buah rimbang, udang kering atau biji petai. Bumbu masak yang diperlukan antara lain; cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe serta garam secukupnya.

#Cara memasak gulai pakis

1.Haluskan bumbu seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit sehingga menjadi adonan bumbu.

2.Panaskan santan encer dalam belanga atau kuali tanah sampai mendidih. Beri garam dapur secukupnya.

3.Masukkan adonan bumbu masak, jahe dan kemangi yang sudah dimemarkan serta asam kandis.

4.Masukkan bahan pokok batang dan daun pakis yang sudah dipotong-potong kecil, buah rimbang dan biji petai.

5.Masukkan santan pekat dan panaskan sampai santan menghasilkan minyak

6.Diamkan beberapa saat sebelum disantap sebagai teman makan nasi atau campuran ketupat atau lontong.
Demikianlah cara membuat gulai pakis nan enak untuk pengunjung blog matrapendidikan.com semua.

0 Response to "Cara Membuat Gulai Pakis Nan Enak"

Posting Komentar