Hobi Memelihara Ayam Itu Bermanfaat Ganda

Hobi memelihara ayam itu bermanfaat ganda – Setiap orang pasti akan memiliki hobi atau kesenangan masing-masing. Dengan menggeluti hobi tersebut, orang  akan memperoleh manfaat. Tidak hanya secara fsikologis namun lebih jauh bisa bermanfaat secara finansial.

Setiap orang juga memiliki hobi yang berbeda-beda. Banyak jenis hobi yang dapat digeluti, seperti berburu, memancing, bertanam, memelihara tamanan, beternak hewan piaraan, dan lain sebagainya..

Foto : doc.matrapendidikan.com

Memelihara ayam kampung merupakan salah satu hobi seseorang yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Ikuti saja uraian ini sampai tuntas. Jika menarik, silahkan di share kepada kawan kita yang lain.

#Memelihara ayam kampung

Bagi orang yang berdomisili di kampung, memelihara ayam kampung bukan lagi sesuatu yang asing. Banyak orang-orang di kampung yang beternak ayam. Menjadikan ternak ayam sebagai penghasilan sampingan bahkan penghasil utama.

Foto :doc.matrapendidikan.com

Bagi yang berstatus pegawai negeri, tentu saja memelihara ayam kampung hanyalah sebagai kerja sampingan atau hanya sekadar hobi. Paling tidak, hal ini telah dibuktikan oleh rekan kami Hary Delfingra, S.Pd.

Sarjana jebolan Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Kepelatihan ini telah mengisi waktu luangnya dengan memelihara ayam kampung. Lokasi lowong di sekitar tempat kost dimanfaatkan untuk memelihara ayam kampung dan jenis Ayam Bangkok.

Guru Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga (Penjaskes dan OR) telah bisa memabgi waktu dengan baik. Memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan dan hobi yang bermanfaat, seperti memancing ikan di kali, memelihara ayam kampung, dan lain sebagainya.

Foto :doc.matrapendidikan.com

Ternyata, memelihara ayam kampung tidak memerlukan biaya banyak. Begitu pula perawatannya yang cukup mudah. Ayam kampung dapat mencari makan sendiri jika dilepas dari kandangnya. Jika tidak disediakan kandang, ayam kampung dapat tidur di atas pohon di sekitar rumah.

#Manfaat psikologis dan finansial

Manfaat penyaluran hobi secara psikologis dapat mendatangkan kesenangan dan kepuasan batin. Nilai kepuasan itu tidak dapat diukur dengan alat ukur apapun. Termasuk tidak dapat dinyatakan dengan angka berapun. Hanya orang pemilik hobi itulah yang dapat merasakannya sendiri.

Manfaat finansial sudah barang tentu dalam aspek pemasukan keuangan. Dengan menggeluti hobi,  orang dapat menambah pundi-pundi keuangannya. Bagi yang belum berkeluarga niscaya akan mempertebal isi dompet buat apel di malam minggu.

Sebaliknya, bagi orang yang telah berkeluarga dan memiliki beban tanggungan ekonomi. Hobi secara finansial telah mendatangkan penghasilan tambahan. Bisa jadi sebagai tambahan untuk membayar biaya rekening listrik yang semakin merisaukan. Memberi bonus atau reward untuk anak yang berprestasi belajar di sekolah,.Dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Manfaat hobi tidak semata dipetik oleh sang pemilik hobi. Bisa jadi, suatu hobi yang bermanfaat secara psikologis dan finansial, juga bermanfaat bagi orang lain. Paling tidak, hobi tersebut akan memotivasi seseorang untuk menyalurkan hobinya ke arah yang lebih bermanfaat.

Mudah-mudahan uraian artikel ini menjadi bahan inspirasi bagi pengunjung semua. Selamat menggeluti hobi masing-masing.

0 Response to "Hobi Memelihara Ayam Itu Bermanfaat Ganda"

Posting Komentar