Manfaat Konsumsi Buah Pare untuk Pengobatan dan Cegah Sembelit

Manfaat Konsumsi Buah Pare untuk Pengobatan dan Cegah Sembelit

Manfaat konsumsi buah pare untuk pengobatan dan cegah sembelit – Anda pasti sudah mengenal sayuran yang satu ini; buah pare atau peria. Sayur yang terkenal dengan rasa pahit yang luar biasa. Saking pahitnya, banyak remaja terutama anak sekolah yang kurang menyukai buah pare ini.

Padahal, di balik rasa pahit buah pare terkandung khasiat luar biasa. Buah pare dapat berkhasiat untuk pencegahan maupun pengobatan berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi buah peria akan menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan terhadap organ dan sistem organ tubuh.

peria,pare,sayur,buah

Buah pare termasuk sayuran mengandung serat alami, zat antioksidan, vitamin dan zat penting dan itu sesuai untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Berkaitan dengan artikel ini maka pembahasannya difokuskan manfaat buah pare untuk pencegahan sembelit.

#Gangguan pencernaan
Apakah Anda termasuk orang yang mengalami masalah dalam buang air besar? Jika iya, itu pertanda Anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Proses pengelauaran sampah metabolisme (defekasi) melalui alat pencernaan sedang bermasalah.

Sembelit (kontipasi) merupakan salah satu gangguan pada proses pencernaan. Proses defekasi atau pengeluaran feses (tinja) tidak lancar karena mengalami pengerasan sehingga orang mengalami kesusahan untuk buang air besar.

Pada tahap awal, akibat pengerasan tinja sehingga susah dikeluarkan melalui alat pencernaan akan menyebabkan rasa sakit pada saluran pencernaan.

Sembelit berawal dari pola makan yang tidak seimbang. Makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi unsur nutrisi yang diperlukan tubuh. Misalnya kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat alami seperti buah dan sayur.

Selain itu juga disebabkan oleh kebiasaan menunda atau menahan buang air besar, tubuh kekurangan cairan, kurang gerak fisik atau berolahraga, penyakit pada usus dan dampak konsumsi obat-obatan tertentu.

#Konsumsi buah pare
Salah satu alternatif pengobatan gangguan pencernaan adalah buah pare. Mengkonsumsi buah pare dapat mengobati dan mencegah sembelit. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung, memakan mentah setelah dicuci dengan air panas.

Jika tidak mungkin mengkonsumsi langsung dengan memakan mentah buah pare maka bisa juga dibuat lalapan. Atau dibuat acar, dicampur masakan lain seperti dibuat anyang. Untuk mengurangi rasa pahit, buah pare dapat direndam dengan garam sebelum diolah.

Mengapa mengkonsumsi buah pare mencegah sembelit? Serat alami yang dikandung buah pare akan melancarkan proses pencernaan sehingga pengeluaran feses dari dalam tubuh menjadi lancar.

Anak sekolah dan remaja pada umumnya yang mengalami kesusahan buang air besar dapat mencoba mengkonsumsi buah pare. Paling tidak, mengolah buah pare yang pahit menjadi masakan yang  menggugah selera makan.

Posting Komentar