Kue Talam untuk Keluarga Tercinta

Kue Talam untuk Keluarga Tercinta

banner
Kue talam untuk keluarga tercinta – Ekonomi keluarga, terutama dari keluarga menengah ke bawah, boleh jadi mengalami kesulitan. Pemasukan keuangan tidak sebanding lagi dengan pengeluaran keluarga.

Hal ini semakin dirasa menyusul kenaikan harga, tarif, bea dan jasa akhir-akhir ini. Kondisi ini telah membuat kepala keluarga untuk bekerja keras mencari tambahan penghasilan di samping penghasilan utama.

kue talam, singkong lapis tepung beras
Foto : Kue talam ubi kayu lapis tepung beras (matrapendidikan.com)

Kenaikan harga barang kebutuhan pokok, bea dan tarif kebutuhan sekunder serta jasa tidak mungkin diredam. Semua itu perlu disikapi dengan kreativitas mencari pendapatan tambahan oleh kepala keluarga.

Ibu rumah tangga tak kalah penting peranannya dalam menghadapi kondisi ekonomi demikian. Di rumah tangga, para ibu dituntut kreativitas dan tangan dingin-nya untuk meringankan beban tanggungan kepala keluarga dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga.

Ibu rumah tangga ternyata lebih kreatif menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota keluarga. Misalnya, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan murah untuk menghasilkan makanan dan penganan yang menarik bagi anggota keluarga.
Ibu rumah tangga di keluarga kami, benar-benar telah unjuk gigi, memperlihatkan kebolehannya dalam hal masak-memasak makanan dan penganan sederhana namun bermanfaat ganda bagi anggota keluarga..

Kreasi ibu rumah tangga, terutama sekali ditujukan menciptakan menu dan masakan biaya murah. Jika dibuat sendiri akan menghemat pengeluaran keluarga dibanding dengan membelinya di pasaran atau di toko. Apalagi keluarga kami termasuk keluarga besar.

#Kue talam singkong lapis tepung beras

Salah satu buah kreasi tangan ibu rumah tangga adalah penganan kue talam untuk sahur dan berbuka puasa. Banyak jenis kue talam yang dapat dibuat oleh kaum ibu, namun pada kesempatan ini adalah kue talam singkong lapis tepung beras.

Banyak jenis kue talam beredar di pasaran, termasuk kue talam yang sedang kita bahas pada kesempatan ini. Kue talam ini biayanya lebih murah. Singkong (ubi kayu) sebagai bahan utama kue talam ini sudah tersedia di pekarangan rumah. Begitu pula kelapa yang tidak perlu dibeli lagi. Yang dibeli adalah tepung beras putih, gula aren, gula pasir, garam dan beberapa bahan pelengkap.

Ubi kayu diparut menggunakan parutan listrik. Kemudian dikukus dan diberi santan serta gula aren. Setelah lapisan utama (singkong) siapkan pula adonan tepung beras yang telah diberi santan, gula pasir dan daun saji.

Adonan kukus singkong ditaruh pada talam persegi kemudian pada bagian atasnya taburkan adonan tepung beras yang sudah dimatangkan. Dengan demikian tunggu sampai dingin sehingga lapisan ubi kayu dan tepung beras menempel.

Adonan kue talam ubi kayu dan tepung beras segera dipotong sesuai selera. Namun yang paling sederhana dipotong persegi saja.
Itulah kue talam singkong dan tepung beras untuk disajikan buat keluarga tercinta untuk sahur maupun berbuka puasa.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.