Tahukah Anda Makan Buah Rimbang Menyehatkan Mata?

Tahukah anda makan buah rimbang menyehatkan mata? – Sewaktu masih sekolah dasar, orangtua saya sering menganjurkan agar sering makan buah rimbang mentah. Makan buah rimbang akan menyehatkan mata.

Tentu saja, saya sedikit enggan karena buah rimbang mentah terasa agak pahit dan tidak enak di mulut. Sampai sekarang pun anak-anak tidak akan menyukai buah rimbang yang masih mentah.


buah rimbang,menyehatkan mata
Foto : buah rimbang(matrapendidikan.com)

#Apa itu rimbang?

Rimbang (solanum nigrum L.) termasuk tanaman semak jenis terung-terungan. Dikatakan tanaman semak karena tingginya tidak melebihi 2 meter. Mudah tumbuh di semak-semak, di sekitar kebun yang terlindung dari cahaya matahari.

Buah rimbang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau. Batangnya bercabang banyak dan berduri dengan buah yang berbulu roma. Dalam satu tangkai terdapat sekian butir buah yang bergerombol.

Daun rimbang berbulu dan batangnya berduri. Oleh sebab itu ketika memetik buah rimbang harus hati-hati. Selain agak sulit dipetik juga untuk menghindari tusukan duri pada batang atau terkena  bulu roma daun yang membuat tangan terasa gatal-gatal.

Makan buah rimbang dapat menyehatkan mata. Mencegah timbulnya gangguan mata rabun senja, mata miopi dan hipermetropi. Hal ini karena buah rimbang banyak mengandung vitamin A dan C.

#Cara mengkonsumsi buah rimbang

Buah rimbang dapat dimakan mentah setelah dicuci dengan air panas. Namun terasa agak pahit dan kurang enak di mulut. Biji rimbang cukup banyak karena tidak memiliki daging buah.

Jika enggan makan rimbang mentah, coba buah rimbang di tumis atau dibuat lalapan atau sayur. Buah rimbang juga dapat dicampur dengan masakan lain seperti sayur daun singkong, gulai pakis, tauco dan sup.
Buah rimbang memang kurang populer. Namun tidak ada salahnya untuk membiasakan makan buah rimbang untuk menjaga kesehatan mata. Jika tidak tersedia di kebun atau di sekitar tempat tinggal, di pasar tradisional harga buah rimbang cukup murah.

0 Response to "Tahukah Anda Makan Buah Rimbang Menyehatkan Mata?"

Posting Komentar