Pemanfaatan Lahan Kosong dengan Tanaman Buah Naga

Pemanfaatan lahan kosong dengan tanaman naga merah – Pada kesempatan ini kembali diturunkan artikel ringan berkaitan dengan pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah.  

Pemanfaatan lahan kosong di pekarangan atau di sekitar rumah sebenarnya tergantung pada dua hal, kemauan dan kesempatan. Harus ada kemauan untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah sehingga mendorong seseorang untuk menyediakan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Foto : Pak guru muda kita lagi memetik buah naga merah (matrapendidikan.com)

Lahan kosong di sekitar rumah dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi bertanam dengan tanaman herbal maupun tanaman hias. Buah naga merah merupakan salah satu objek tanaman yang menarik untuk dibahas pada kesempatan ini.
Seperti diketahui, buah naga termasuk tanaman hias sekaligus tanaman herbal dari keluarga kaktus. Buah naga merah hanyalah salah satu jenis buah naga di samping buah naga berwarna ungu.

Buah naga umumnya berusia cukup panjang dengan daur produktif sampai 20-an tahun. Oleh sebab itu tanaman buah naga cukup produktif dibudidayakan di lahan yang ada atau pekarangan sekitar rumah.
Simak juga : Budidaya Stroberi dengan Media Polibag di Rumah

#Panen buah naga merah
Kontributor gambar untuk matrapendidikan.com, Hary Delfingra, S.Pd mengirim gambar panen buah naga merah. Buah naga merah dapat dipanen pertama kali setelah berumur 10 sampai 20 bulan. Cukup lama, bukan? Namun jerih payah menanam dan merawat buah naga sampai panen akan terobati.

Dalam satu tanaman buah naga akan menghasil 3 sampai 5 buah atau sekitar 1 sampai 1,5 kg. Bila terdapat sekian tanaman buah naga merah pada lahan kosong di areal pekarangan, dan harga jual buah naga 30 sampai 35 ribu per kilogram, dapat dihitung sendiri berapa pemasukan keuangan dari pemanfaatan lahan kosong tersebut.  
Buah naga akhir-akhir ini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis dan lezat, buah naga mengandung unsur zat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Misalnya, senyawa antioksidan dalam buah naga sangat efektif menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah naga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh dan terganggunya kekebalan tubuh.

0 Response to "Pemanfaatan Lahan Kosong dengan Tanaman Buah Naga "

Posting Komentar