5 Karakteristik Blogger Publisher Adsense

5 Karakteristik Blogger Publisher Adsense

5 Karakteristik blogger publisher adsense – Blogger adalah individu yang mengelola sebuah blog. Biasanya, seorang blogger juga berstatus sebagai administratur dalam blog yang dikelolanya.

Pada umumnya, seorang blogger melakukan aktivitas blogger bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya. Hal itu dimuat dalam artikel postingan sehingga dapat dibaca oleh pengunjung yang mampir. Pengunjung boleh saja datang melalui pintu mesin pencarian (google, yahoo, bing, yandex, dll) dan sosial media.

karakteristik,blogger,adsense
Foto : Ilustrasi blogger sekaligus publisher adsense (pixabay.com)

Blog yang dikelola blogger banyak jenisnya sesuai tema yang digeluti. Ada yang bertema khusus (blog niche), seperti pendidikan, kesehatan, teknologi, dan lain sebagainya. Namun tak sedikit yang mengelola blog dengan tema campuran (gado-gado). Ini sesuai dengan passion masing-masing blogger.

#Blogger publisher adsense

Ada pula blogger yang menjadi publisher adsense. Blogger ini selain berbagi pengetahuan dan pengalaman juga bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari adsense.

Blogger adsense harus memonetisasi blognya dengan bergabung bersama bisnis online yang cukup populer ini. Monetisasi blog ternyata tidak mudah (paling tidak menurut admin). Mendaftar menjadi publisher adsense dan jika diterima, blog dapat dipasang iklan adsense. Setelah itu secara perlahan blogger mulai mendapat penghasilan dari adsense.

#Karakteristik blogger adsense

Jika diamati, ternyata menjadi publisher adsense itu memiliki keunikan tersendiri. Paling tidak hal ini didasarkan pengalaman admin dalam mengelola blog matrapendidikan.com ini sejak awal tahun 2013 lalu.

Apa keunikannya? Ada 5 karakteristik atau ciri khas blogger sekaligus publisher adsense:

1.Seorang pekerja keras
Menjadi publisher adsense memerlukan kerja keras. Paling tidak terbukti dengan usaha untuk mengupdate artikel postingan setiap hari. Blog yang update setiap hari akan mampu bertahan menjaga stabilitas trafik visitor setiap hari.

Trafik pengunjung adalah rohnya pendapatan adsense. Apa jadinya jika sebuah blog adsense memiliki sedikit pengunjung. Semakin kecil peluang untuk mendapatkan klik dari pengunjung.

2.Mengoptimasi blog dan adsense
Jika publisher adsense lengah atau lalai dalam mengelola blog, trafik pengunjung akan menurun, apalagi blog tersebut jauh dari sentuhan SEO (search engine optimization).

Blogger publisher tidak hanya sekadar ngeblog. Selain mengelola blog dengan baik, blogger adsense juga mengelola iklan adsense. Seorang blogger sekaligus  publisher adsense sebenarnya pekerja rangkap.

Mengelola blog mulai dari mendesain blog sampai menerbitkan artikel postingan dan blogwalking. Mengelola blog itu sangat penting namun jika bergabung dengan adsense, blogger publisher juga harus bekerja keras untuk mengoptimasi iklan adsense.

Mengoptimasi adsense meliputi penataan tampilan artikel, penempatan iklan adsense sampai pada mencek laman dashboard akun adsense. Yang terakhir ini, tak terbantahkan, sering melihat atau merefresh dashboard akun adsense. Melihat kenaikan nilai dollar yang tertera disana.

Kadang-kadang blogger ini tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan blogwalking atau berkomunikasi secara intens dengan blogger lain.

3.Gajian bila mencapai ambang payout
Publisher dengan blog pribadi tidak mudah mencapai ambang batas penghasilan 100 dollar. Kenapa tidak mudah? Saat ini memang, harga klik iklan sangat kecil sehingga pendapatan harian sulit mencapai 3,5 dollar per hari. Untuk payout tiap bulan, publisher harus menghasilkan 3,5 dollar per hari sehingga dalam sebulan diperoleh earnings besar 100 dollar.

Jika penghasilan sehari rata-rata hanya 2 dollar berarti publisher gajian sekali dua bulan. Penghasilan harian di bawah itu kecil dari 2 dollar, maka boleh jadi sekali 3 bulan.

Berapa pun lamanya payout sebenarnya tidak menjadi masalah bagi publisher yang tidak mengandalkan adsense sebagai pendapatan utama.

4.Sering buka laman dashboard akun adsense
Ini sudah lumrah karena rasa keingintahuan akan perkembangan bisnis adsense yang dijalani. Namun kadang-kadang keseringan buka akun adsense jadi lupa update konten atau kegiatan lainnya berkaitan dengan blog publisher.

5.Sering begadang
Blogger publisher adsense itu ibarat pedagang kue harian. Malam hari umumnya pengunjung sudah tidur dan akan sepi pengunjung. Nah, disaat inilah kesempatan untuk mengelola blog, termasuk menulis artikel postingan. Artikel postingan ini ibarat barang dagangan kue yang akan dijual keesokkan harinya.

Dengan prosedur kerja seperti itu akan menyebakan blogger harus begadang atau tidur sampai larut malam.

Itulah 5 ciri khas blogger publisher adsense. Tentunya masih ada keunikan lainnya sesuai dengan pengalaman masing-masing blogger..

Posting Komentar