Ketupat Istimewa Keluarga di Hari Lebaran

Ketupat Istimewa Keluarga di Hari Lebaran

Ketupat istimewa keluarga di hari lebaran – Ketupat adalah simbol lebaran, idhul fitri maupun idhul adha. Sepertinya ketupat identik dengan hari raya lebaran. Kali ini kami sajikan artikel perihal ketupat, khusus untuk keluarga di hari lebaran idhul Fitri ini.


Ikatan ketupat dinyatakan dengan tulsian sebagai ucapan selamat lebaran kepada sanak famili, karib kerabat dan rekan sejawat. Bersama dengan ucapan selamat lebaran terselip ucapan permohonan maaf kepada mereka semua.

Namun bagi sebagian keluarga, termasuk keluarga admin, ketupat tidak hanya sebagai simbol hari lebaran. Ketupat dijadikan sebagai penganan khusus keluarga di hari raya lebaran.  

#Sarang ketupat

membuat,sarang ketupat
Foto : Sang ketupat dari daun kelapa (matrapendidikan.com)

Dalam keluarga kami, hampir semuanya bisa membuat sarang ketupat. Sarang ketupat dibuat dari daun kelapa tua. Daun kelapa dianyam sedemikian rupa. Sedangkan lidinya digunakan untuk tusuk daging sate.

#Ketupat sudah masak

ketupat beras, ketupat masak
Foto : Ketupat dari beras yang sudah dimasak. (matrapendidikan.com)

Sarang ketupat disisi dengan beras dengan ukuran tertentu kemudian direbus. Jika sudah matang, sarang ketupat akan terisi penuh dengan sendirinya. Gambar ini langsung dan asli dipotret dari ketupat yang sudah dimasak.

#Ketupat gulai kemumu

ketupat gulai,gulai kemumu,keluarga
Foto : Ketupat gulai kemumu (matrapendidikan.com)

Seuai namanya, ketupat gulai kemumu terbuat dari bahan gulai batang kemumu. Supaya lengkap ditambah dengan telur rebus, kerupuk merah dan bawang goreng.

Sebenarnya, gulai ketupat tidak hanya batang kemumu. Ada juga gulai dari daun pakis, cempedak muda dan tauco. 

#Ketupat gulai tauco

ketupat gulai,gulai tauco,keluarga
Foto : Ketupat gulai tauco (matrapendidikan)

Ketupat gulai tauco terbuat dari bahan gulai tauco Ketupat ini sudah lazim ditemukan di warung-warung Padang. 

#Ketupat Sate

Sate yang kita kenal sehari-hari adalah ketupat dengan kuah sate dan dilengkapi dengan daging bakar yang ditusuk. Aroma sate akan menusuk hidung jika diberi bumbu goreng bawang.

Itulah penganan istimewa keluarga di hari lebaran. Tentu saja setiap keluarga akan memiliki penganan khusus di hari lebaran di samping kue lebaran. Tergantung pada kreativitas masing-masing keluarga. Salam keluarga Indonesia.

Posting Komentar