Memetik Manfaat Kegiatan Berbuka Bersama

Memetik Manfaat Kegiatan Berbuka Bersama

banner
Memetik manfaat kegiatan berbuka bersama – Berbuka bersama (bukber) merupakan momentum unik di kalangan komunitas tertentu. Misalnya berbuka bersama antar keluarga besar, alumni, rekan sejawat dan antar anggota organisasi tertentu.

manfaat,berbuka bersama
Foto : berbuka bersama (bukber) komunitas siswa (matrapendidikan.com)

Namanya bukber, tentu saja diadakan khusus pada bulan puasa Ramadhan. Biasanya acara bukber ini diadakan di ujung-ujung bulan puasa Ramadhan. Atau sepuluh hari ketiga bulan suci Ramadhan.

Di lembaga pendidikan sekolah, wujud kegiatan bukber meliputi bukber sekolah, alumni sekolah, organisasi sekolah dan bukber komunitas tertentu.

Bukber sekolah diadakan oleh sekolah dengan anggota seluruh warga sekolah. Bukber alumni sekolah dilaksanakan oleh para alumni dari sekolah tersebut.  Begitu pula organisasi kesiswaan di sekolah, misalnya bukber OSIS sekolah diadakan oleh anggota OSIS dan bukber Passusbra sekolah diselenggarakan oleh anggota Passusbra sekoalh.

Di luar itu, ada pula komunitas siswa yang menjadi bagian dari alumni suatu sekolah, misalnya nine Dee Community. Komunitas ini beranggotakan mantan siswa kelas IX D SMPN 4 Lintau Buo Tahun pelajaran 2012/2013. Sejak tahun itu, komunitas kelas IX D ini selalu mengadakan acara bukber setiap tahunnya di bulan ramadhan.

Banyak manfaat dan hikmah yang dapat dipetik dari kegiatan berbuka bersama di bulan ramadhan. Mempererat tali silaturrahmi antar sesama anggota merupakan hikmah utama kegiatan bukber. Alumni dan komunitas sekolah sudah menyebar di seluruh daerah. Mereka dipisahkan oleh jarak dan waktu karena melaksanakan tugas masing-masing.

Selain mempererat tali silaturrahmi, acara bukber juga menjadi ladang amal bagi para anggota komunitas. Pada acara bukber juga tercipta kesempatan untuk beribadah dengan mengumpulkan infak, zakat, sedekah untuk orang yang membutuhkannya dalam menyambut lebaran.

Organisasi Passusbra SMPN 2 Lintau Buo (dulu SMPN 4 Lintau Buo) juga berencana mengadakan kegiatan berbuka bersama di sekolah, Rabu (21/6) mendatang. Selain menjalin dan mempererat tali silaturrahmi, organisasi ini telah mengumpulkan dana untuk menyantuni anak yatim.

Ini luar biasa dan perlu dicontoh dan diterapkan oleh semua kita setiap bulan ramadhan.

Seperti dirilis oleh R.Hidayatullah, A.Md.Kom, Pembina Passusbra SMPN 2 Lintau Buo, buka bersama anggota Passusbra kali ini bertema mempererat Ukhwah Keluarga Besar passusbra dan Anak Yatim.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.