Pemanggilan Orangtua Siswa ke Sekolah

Pemanggilan orangtua siswa ke sekolah – Mengapa orangtua siswa dipanggil dan harus datang ke sekolah? Inilah pertanyaan yang sering muncul di kalangan orangtua yang memiliki anak di bangku sekolah.

alasan,pemanggilan,orangtua,siswa

Secara umum,  orangtua siswa dipanggil untuk datang ke sekolah berkaitan dengan kemajuan belajar anak. Pihak sekolah perlu berkoordinasi dengan orangtua siswa di lingkungan sekolah.

Panggilan pihak sekolah melalui wali kelas tidak lagi identik dengan masalah keuangan semata sebagaimana yang terjadi jauh sebelumnya. Kemajuan pengelolaan pendidikan anak di sekolah mengharuskan adanya bentuk koordinasi dan kerja sama pihak sekolah dengan orangtua siswa.

Panggilan pihak sekolah  ada yang bersifat insidentil (mendadak) namun ada pula panggilan reguler sifatnya. Begitu pula model panggilan dari pihak sekolah. Ada yang melalui surat panggilan dan ada pula yang disampaikan pihak sekolah secara lisan atau panggilan langsung kepada orangtua melalui sarana komunikasi.

Orangtua perlu mengklarifikasi jenis dan model panggilan pihak sekolah. Apakah panggilan yang diterima bersifat insidentil atau reguler? Jika panggilan tersebut bersifat insidentil atau tanpa diduga, berarti sifat panggilan itu segera. Ada sesuatu yang penting yang hendak disampaikan pihak sekolah pada orangtua siswa.

Panggilan insidentil pihak sekolah sering dilakukan oleh wali kelas. Ini dalam rangka koordinasi wali kelas dengan pihak orangtua. Masalah yang mungkin dikoordinasikan antara lain disiplin anak, cara belajar, sikap dan tingkah laku anak, dan lain sebagainya.

Panggilan reguler biasanya sudah dapat diperkirakan oleh orangtua. Misalnya panggilan rapat dengan komite sekolah, penerimaan rapor atau berkaitan dengan peristiwa tertentu di sekolah seperti kegiatan muhasabah dan acara perpisahan dengan kelas terakhir..

Kadang-kadang pihak sekolah memberi catatan khusus ketika mengirimkan surat panggilan pada orangtua. Misalnya, tidak boleh diwakilkan pada orang lain. Artinya, untuk memenuhi panggilan sekolah harus dihadiri langsung oleh orangtua/wali murid.

Wali kelas adalah wakil orangtua siswa atau orang yang bertanggungjawab penuh terhadap anak. Tanggung jawab ini mencakup kebutuhan anak sehari-hari maupun kebutuhan pendidikan anak. Anak sekolah menjadi beban tanggung jawab si anak dalam hal pendidikan anak.

Itulah secara global alasan mengapa orangtua siswa dipanggil dan perlu datang ke sekolah. Orangtua siswa dipanggil ke sekolah dalam rangka membicarakan masalah dan kemajuan belajar anak di sekolah.

0 Response to "Pemanggilan Orangtua Siswa ke Sekolah"

Posting Komentar