Peran Ganda Wali Kelas di Sekolah

Peran ganda wali kelas di sekolah - Wali kelas (walas) adalah guru yang mendapat tugas tambahan di sekolah. Tambahan tugas seorang guru untuk membimbing siswa di kelas secara khusus. Tugas tambahan seorang walas nyaris menyangkup segala aspek yang berkaitan dengan proses belajar siswa di sekolah.  

peran ganda,wali kelas,sekolah

Di jenjang sekolah dasar tidak mengenal adanya istilah wali kelas melainkan guru kelas. Misalnya guru kelas 1, guru kelas 2 dan seterusnya. Namun secara teknis, tugas guru tersebut sama denganwali kelas.

Istilah wali kelas digunakan umumnya pada jenjang pendidikan SMP/MTs dan SMA/MA. Jabatan wali kelas dipegang seorang guru mata pelajaran dan merupakan pendelegasian sebagian wewenang pengelolaan siswa di sekoalh oleh kepala sekolah pada guru.

Tugas utama guru di sekolah adalah mengajar, mendidik dan melatih siswa. Namun jika guru tersebut dianggap cakap mendapat tugas tambahan maka kepala sekolah dapat saja menunjuk dan menetapkan guru tersebut menjadi seorang wali kelas.

Penunjukkan dan penetapan wali kelas dilakukan oleh kepala sekolah setelah mendapat masukan dari para wakil kepala sekolah. Dalam hal ini yang lebih kompeten adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum karena tugas para wali kelas berkaitan langsung dengan waka kurikulum ini.

Antara wakil kepala sekolah dan wali kelas terdapat struktur garis koordinasi. Namun antara kepala sekolah dan wali kelas terdapat garis perintah atau komando.

Seorang wali kelas peran ganda di sekolah. Sebagai guru mata pelajaran atau bidang studi maupun sebagai wali kelas. 

Sebagai guru mata pelajaran bertugas mengampu mata pelajarannya. Guru tetap melaksanakan tugasnya sebagai guru mata pelajaran. Namun sebagai wali kelas membimbing siswa di kelas yang menjadi bimbingannya untuk mendukung proses belajar siswa di kelas.

Wali kelas mengelola administrasi kesiswaan di kelas, membimbing siswa untuk belajar dengan baik, mengelola nilai siswa, mengatasi masalah siswa yang terjadi di kelas bimbingannya.

Selain tugas tersebut, seorang wali kelas menjadi wakil orangtua siswa di sekolah. Sebagai wakil orangtua siswa, para wali kelas melakukan kontak dengan orangtua siswa sebagai perpanjangan tangan kepala sekolah. Wali kelas secara berkala maupun insidentil akan berkoordinasi dengan para orangtua siswa.

Idealnya, seorang wali kelas yang ditunjuk kepala sekolah harus mengajar di kelas bimbingannya. Jika tidak demikian, akan sulit bagi wali kelas untuk mengelola siswa di kelasnya secara terus menerus.

Peran ganda wali kelas serta tugas-tugas wali kelas menuntut adanya kecakapan tertentu. Hal ini dimaksudkan agar wali kelas dapat mengelola kelas sebagaimana mestinya.

Demikianlah pembahasan tentang peran ganda seorang wali kelas di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang memegang jabatan wali kelas di sekolah tempat tugas masing-masing.

0 Response to "Peran Ganda Wali Kelas di Sekolah"

Posting Komentar